Fitriyatun Nissa Fadilah, (2025) EFEKTIVITAS SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DIRI MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM YANG MENGALAMI IMPLUSIVE BUYING DI UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2108306144_1_cover.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
2108306144_2_bab1.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
2108306144_6_bab5.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
2108306144_7_dafpus.pdf Download (863kB) |
Abstract
Kontrol diri merupakan kemampuan individu dalam mengelola perilaku, informasi, dan tindakan sesuai dengan keyakinannya. Teknik self-management menjadi salah satu pendekatan yang digunakan untuk meningkatkan kontrol diri, terutama dalam mengelola pikiran, emosi, dan perilaku secara mandiri. Hasil penerapan teknik ini menunjukkan efektivitas dalam membantu individu lebih sadar dan terarah dalam bertindak. Namun, efektivitas belum sepenuhnya optimal karena masih terdapat hambatan seperti kurangnya konsistensi penerapan, kesiapan individu yang berbeda-beda, serta pengaruh lingkungan luar yang tidak dapat dikendalikan sepenuhnya.Teknik ini dapat diterapkan melalui layanan konseling kelompok, yaitu proses pemberian bantuan dalam suasana kelompok kecil yang terbuka dan saling mendukung, dengan tujuan mendorong perubahan perilaku ke arah yang lebih positif. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui tingkat kontrol diri pada mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam Cirebon angkatan 2021 di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon;(2) merancang layanan konseling kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan kontrol diri pada mahasiswa;(3) mengetahui efektifitas teknik self-management dalam meningkatkan kontrol diri. Penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan desain Non-equivalent control group design. Populasi dari mahasiswa aktif angkatan 2021 bimbingan konseling islam yang berjumlah 191 di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Sampel dipilih dari kelas dengan skor kontrol diri terendah. Penelitian ini mengacu pada Prayitno (1995) yang menyatakan bahwa jumlah ideal anggota konseling kelompok berkisar antara 6 hingga 10 orang, demi menjaga efektivitas dinamika kelompok dan keterlibatan aktif mahasiswa. Layanan konseling kelompok dengan teknik self-management terbukti cukup efektif dalam meningkatkan kontrol diri mahasiswa bimbingan Konseling Islam di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Efektivitas terlihat pada peningkatan kemampuan mahasiswa dalam mengelola perilaku, mengambil keputusan, dan mengontrol pikiran secara lebih terarah. Namun, efektivitas masih belum optimal karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti keterbatasan durasi layanan, kesiapan individu yang bervariasi, serta pengaruh lingkungan di luar sesi konseling. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun intervensi memberikan dampak positif, peningkatan layanan masih diperlukan untuk mencapai hasil yang lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:47 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:47 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |