Syifa Ni’matul Maula, (2025) EKSPLORASI PERAN SELF ESTEEM TERHADAP BODY DYSMORPHIC DISORDER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 CIREBON. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2108306219_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108306219_2_bab1.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
2108306219_6_bab5.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
2108306219_7_dafpus.pdf Download (152kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran self esteem terhadap kecenderungan body dysmorphic disorder pada peserta didik di SMA Negeri 2 Cirebon. Masa remaja sering kali ditandai dengan tekanan sosial terkait penampilan fisik yang dapat dipengaruhi oleh media sosial dan standar kecantikan yang tidak realistis. Self esteem yang rendah dapat membuat individu lebih rentan terhadap gangguan citra tubuh negatif seperti body dysmorphic disorder , yang ditandai dengan obsesi berlebihan terhadap kekurangan fisik yang sebenarnya tidak signifikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mendeskripsikan persepsi siswa mengenai self esteem dan kecenderungan body dysmorphic disorder. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi, dan dokumentasi dari guru bimbingan konseling dan peserta didik SMA Negeri 2 Cirebon. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan teoretis mengenai peran antara self esteem dan body dysmorphic disorder serta menjadi acuan untuk pengembangan penelitian di masa depan. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat praktis bagi lembaga pendidikan dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa melalui pendekatan bimbingan konseling yang sesuai
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:43 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:43 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |