ISRO OKTAFIANUS, (2025) MANAJEMEN KOMUNIKASI ORGANISASI KOLABORATOR KEBAIKAN ID (KK.ID) DALAM PENERAPAN KEPEDULIAN SOSIAL PADA REMAJA KOTA CIREBON. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2008302089_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2008302089_2_bab1.pdf Download (680kB) |
![]() |
Text
2008302089_6_bab5.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text
2008302089_7_dafpus.pdf Download (555kB) |
Abstract
Dalam menjalankan sebuah organisasi, menejemen komunikasi yang baik menjadi aspek penting dalam sebuah organisasi. Aktivitas manajemen ada dalam organisasi yang diarahkan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Pada dasarnya, komunikasi dalam organisasi melibatkan individu maupun kelompok kerja dalam suatu sistem tertentu. Melalui sistem tersebut, seluruh kerangka kerja organisasi diatur dalam jaringan formal maupun informal, yang tersusun secara relatif terstruktur berdasarkan budaya, keyakinan, dan sistem nilai yang kemudian dikenal sebagai struktur organisasi. Adapun pertanyaan dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana setiap Planing, Organizing, Actuating, serta Controling atau yang sering disebut dengan manajemen POAC yang di lakukan KK.ID 2) Bagaimana hambatan yang terdapat pada manajemen komunikasi KK.ID 3) Bagaiman hasil daripada penerapan manajemen KK.ID dalam penerepan kepedulian sosial bagi remaja kota Cirebon. Penelitian bertujuan menjawab pertanyaan penelitian, mengenai: 1) Bagaimana manajemen komunikasi POAC KK.ID dalam upaya meningkatkan produktifitas kepedulian sosial pada remaja kota Cirebon. 2) Hambatan manajemen komunikasi KK.ID dalam penerapan edukasi kepedulian sosial remaja kota Cirebon. 3) Bagaimana hasil penerapan manajemen POAC yang dilakukan KK.ID dalam menumbuhkan kepedulian pada masyarakat kota Cirebon? Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yaitu data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan: 1) Manajemen Komunikasi KK.ID berjalan dengan efektif dan fungsional terkait planning, organizing, actuating, dan controlling. 2) Hambatan KK.ID yaitu faktor internal perbedaan pemahaman dan mobilitas anggota, faktor eksternal kesadaran yang kurang dirasakan dan sikap individualisme yang ada. 3) Hasil penerapan melalui kegiatan yaitu adanya partisipasi yang tinggi dari remaja dan perubahan perilaku remaja
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 06:12 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 06:12 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |