Pendidikan Akhlak Perspektif Muhammad Abdul GaosSaefullahMaslul dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Bangsa(Analisis Konten KitabFadha<il al-Syuhu<r li Tha>lib Ridha> Rabb al-Ghafu<r)

MUHAMAD DAWUD, (2025) Pendidikan Akhlak Perspektif Muhammad Abdul GaosSaefullahMaslul dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Bangsa(Analisis Konten KitabFadha<il al-Syuhu<r li Tha>lib Ridha> Rabb al-Ghafu<r). Masters thesis, Prodi PAI S2-UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. TESIS BAB I.pdf

Download (858kB)
[img] Text
6. TESIS BAB V.pdf

Download (370kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA. TESIS.pdf

Download (438kB)

Abstract

Akhlak dan karakterterpuji yang dimilikioleh seseorangakancenderunglebihdisiplin, bertanggungjawab,jujur, amanah dan percayadiribahkandapatmembantudalammencapaikesuksesankehidupannya, juga akanlebihkuatdalammenghadapitantanganhidup.Akhlakdan karakterdapatdikembangkanmelalui proses Pendidikan. Namunseiringperkembangan zaman yang semakin modern, dunia Pendidikan di Indonesia dirasasemakinmengkhawatirkandenganmaraknyakasusbullying, tindakkekerasan, tawuranantarpelajar, pelecehanseksual, kriminalisasiterhadap guru dan berbagaimacampenyimpanganhukum agama dan negara yang merupakanfakta dan realita yang telahmencoreng dunia Pendidikan. Tujuan penelitianiniadalah, 1) UntukmengetahuiKonsep Pendidikan AkhlakPerspektifMuhammad Abdul GaosSaefullahMaslul,2)Untukmengetahuimetode Pendidikan AkhlakPerspektif Muhammad Abdul GaosSaefullahMaslul, 3)UntukmengetahuiImplikasi Pendidikan AkhlakPerspektifMuhammad Abdul GaosSaefullahMaslulterhadap dunia Pendidikan di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan literatur atau studi pustaka. subjek penelitiannya kitab Fadha<il al�Syuhu<r li Tha>lib Ridha> Rabb al-Ghafu<r. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukanobservasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini yaitu:(1).Implementasi pendidikan akhlak dan karakter melalui pendekatan sufistik dengan prosestazkiyatul jasad (penyucian jasad), tazkiyatul ‘aqli (penyucian akal), tazkiyatul qalbi (penyucian hati) dantazkiyatunnafsi(penyucian jiwa) yang berfungsi untuk memperkuat nilai spiritual dan nilai religius (2). Faktor pendukung keberhasilannya yaitu, adanya bimbingan hati oleh Muhammad Abdul Gaos Saefullah Maslul selaku Mursyid TQN Pondok Pesantren Suryalaya silsilah ke 38 dengan melalui talqindzikir, mengamalkan dzikirzhahar dan khofi,muraqabah, riyadhah dan musyahadahdengan istiqomah.(3) Implikasi terhadap dunia pendidikan, baik formal, informal maupun non formal. Kesimpulan bahwa konsep pendidikan akhlak perspektif Muhammad Abdul Gaos Saefullah Maslul memiliki korelasi dan relevansi dengan pendidikan karakter bangsa, sehingga dapat dijadikan alternatif dalam mengaplikasikan nilai�nilai karakter bangsa dalam dunia pendidikan. Kata Kunci : Pendidikan Akhlak, Perspektif Muhammad Abdul Gaos Saefullah Maslul, dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Bangsa

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Perspektif Muhammad Abdul Gaos Saefullah Maslul, dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Bangsa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:03
Last Modified: 05 Aug 2025 01:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16522

Actions (login required)

View Item View Item