pengaruh lingkungan sekolah terhadap kedisiplinan siswa kelas iv di mi al-ikhlas setupatok kecamatan mundu kabupaten cirebon

ASMILA NURMALINDA, (2025) pengaruh lingkungan sekolah terhadap kedisiplinan siswa kelas iv di mi al-ikhlas setupatok kecamatan mundu kabupaten cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
1808107053_2_bab1.pdf

Download (138kB)
[img] Text
1808107053_6_bab5.pdf

Download (48kB)
[img] Text
1808107053_7_dafpus.pdf

Download (135kB)
[img] Text
1808107053_1_cover.pdf

Download (604kB)

Abstract

Lingkungan sekolah yang kondusif diyakini dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam menjalankan aturan serta mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik. Namun kenyataanya pada MI Al-Ikhlas Setupatok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon lingkungan sekolah masih kurang terjaga dan kurang kedisiplinan siswa dalam kegiatan apapun khususnya pembelajaran. Teori ekologi Bronfenbrenner menjelaskan bahwa lingkungan sosial seperti sekolah memiliki pengaruh langsung terhadap perkembangan perilaku anak. Lingkungan sekolah yang kondusif mencakup keamanan, kenyamanan, kebersihan, serta hubungan sosial yang positif antarwarga sekolah. Hal ini selaras dengan pandangan Vygotsky bahwa interaksi sosial menjadi Pondasi utama dalam perkembangan kognitif dan afektif siswa. Lingkungan sekolah yang tertata rapi dan mendukung proses pembelajaran dapat menumbuhkan sikap disiplin siswa dalam menaati aturan dan menjalankan tanggung jawab sebagai pelajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh lingkungan sekolah di kelas IV MI Al-Ikhlas Setupatok untuk memberikan gambaran empiris mengenai seberapa besar kontribusi lingkungan sekolah dalam membentuk perilaku disiplin siswa, serta menjadi dasar bagi pihak sekolah dalam merancang strategi pembelajaran dan pengelolaan lingkungan yang lebih efektif guna meningkatkan kedisiplinan dan kualitas pembelajaran siswa secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 23 siswa kelas IV di MI Al-Ikhlas Setupatok. Desain penelitian yang digunakan yaitu model ex post facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, dan angket. Dengan intrumen penelitian angket lingkungan sekolah dan angket kedisiplinan. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) lingkungan sekolah di MI Al-Ikhlas Setupatok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon tergolong dalam kategori baik. Hal ini terlihat dari aspek keamanan dan kenyamanan, kebersihan fasilitas, interaksi sosial antar warga sekolah, proses pembelajaran, kerjasama dalam pembelajaran, serta disiplin dalam mengerjakan tugas. Lingkungan sekolah yang tertata dengan baik menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif bagi siswa. 2) Kedisiplinan siswa di MI Al-Ikhlas Setupatok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon juga tergolong baik. Hal ini ditunjukkan oleh persentase tinggi pada beberapa indikator, seperti kehadiran tepat waktu, pengerjaan tugas dan ujian, kerapihan, ketaatan terhadap aturan sekolah, sikap terhadap guru, dan partisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap kedisiplinan siswa kelas IV di MI Al-Ikhlas Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Analisis regresi menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berkontribusi sebesar 51,4% terhadap kedisiplinan siswa, sementara 48,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain seperti keluarga, lingkungan masyarakat, dan faktor internal siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:41
Last Modified: 05 Aug 2025 02:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16532

Actions (login required)

View Item View Item