RAI MUHAMMAD RAFLI, (2025) POLA KOMUNIKASI USTADZ DENGAN SANTRI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL- IHYA KOTA CIREBON. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108302113_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108302113_2_bab1.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
2108302113_6_bab5.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
2108302113_7_dafpus.pdf Download (342kB) |
Abstract
Pergaulan di luar Pondok Pesantren juga banyak menghambat pembentukan karakter santri. Misalnya, hubungan pertemanan yang agak kasar dan keras dalam kesehariannya, ataupun pergaulan dengan kehidupan anak�anak yang nakal tentunya hal seperti ini dapat mempengaruhi pembentukan karakter pada seseorang. Maka dari itu ustadz memiliki peran penting disamping sebagai pengajar, juga sebagai pembimbing dalam membina santri melalui pemahaman, pembiasaan yang tentunya hal ini perlu dilakukan dengan komunikasi yang efektif. Dalam penelitian ini, peneliti merumuskan masalah: (1) Bagaimana pola komunikasi ustadz dengan santri dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Al-ihya Kota Cirebon?. (2) Bagaimana metode komunikasi verbal dan non verbal yang digunakan ustadz dalam pembentukan karakter santri?. (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat ustadz dalam pembentukan karakter santri?. (4) Bagaimana respons santri terhadap pola komunikasi yang digunakan ustadz terhadap pembentukan karakter santri?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pola komunikasi ustadz dengan santri dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Al-ihya Kota Cirebon (2) Untuk mengetahui metode komunikasi verbal dan non verbal yang digunakan ustadz dalam pembentukan karakter santri (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat ustadz dalam pembentukan karakter santri 4. Untuk mengetahui respons santri terhadap pola komunikasi yang digunakan ustadz terhadap pembentukan karakter santri. Metode penelitian yang dilakukan penulis adalah Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data yang digunakan primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data menurut Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pola komunikasi ustadz di Pondok Pesantren Al-Ihya Kota Cirebon memainkan peran strategis dan signifikan dalam pembentukan karakter santri. Penelitian ini mengidentifikasi tiga pola komunikasi yang digunakan: primer, sekunder, dan sirkular. Metode komunikasi yang holistik, mencakup verbal dan nonverbal itu saling melengkapi dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Meskipun terdapat hambatan, adapun lingkungan pesantren yang kondusif dan peran aktif pengasuh menjadi faktor pendukung. Respons positif santri terhadap komunikasi yang komunikatif, humanis, dan inovatif dari ustadz menunjukkan pengaruh besar terhadap motivasi belajar, kedisiplinan, dan internalisasi nilai�nilai karakter.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:39 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:39 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16533 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |