Revina Azahra, (2025) Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Kelas Rendah Mi Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108107001_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107001_2_bab1.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
2108107001_6_bab5.pdf Download (239kB) |
Abstract
Seiring perkembangan zaman sekarang, Beberapa guru sering menyalah artikan perannya sebagai pendidik. Mereka menganggap tugasnya hanya mentransfer ilmu saja di dalam kelas, di lihat karakter dari anak sekarang sudah tidak ada lagi moral, kepribadian yang di siplin, jujur dan rasa tanggung jawab telah hilang dalam diri anak, bahkan mereka berani melawan orang tua. Pendidik atau guru adalah tenaga profesional yang bertugas dalam hal merencanakan pembelajaran, membimbing proses pembelajaran hingga pada tahap melakukan evaluasi. Pendidik menjadi unsur yang penentu dalam berhasil atau tidaknya pendidikan yang dilaksanakan. (Wandi & Nurhafizah, 2019: 34). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter disiplin siswa di kelas rendah MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon, khususnya pada kelas I, II, dan III. Karakter disiplin merupakan salah satu aspek pentimg. Tujuan utama dari disiplin adalah kedisiplinan diri sendiri, yaitu sebuah varian pengendalian yang menekankan pada pelaksanaan secara sukarela dan dengan hanya peraturan dan hukum, yang menggambarkan karakter kedewasaan, dan harapan-harapan masyarakat beradab dari warga negaranyaing dalam pendidikan karakter yang perlu ditanamkan sejak dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Terkait dengan metode penelitian, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dilakukan untuk mengetahui peran guru kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas rendah MI Salafiyatul Huda 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter disiplin siswa melalui pemberian teladan, pembiasaan, penguatan positif, serta penerapan aturan yang konsisten di lingkungan sekolah. Guru juga berperan sebagai motivator dan pembimbing dalam membentuk sikap disiplin siswa, baik secara langsung melalui proses pembelajaran maupun secara tidak langsung melalui interaksi sehari-hari. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas rendah sangat dipengaruhi oleh peran aktif dan keteladanan guru.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran guru, karakter disiplin, siswa kelas rendah, MI Salafiyatul Huda |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 07:24 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:24 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |