Putih Fitriani, (2025) Dampak Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Konsentrasi Beajar Siswa di MI Al Washliyah Perbutulan Kab.Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108107008_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107008_2_bab1.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text
2108107008_6_bab5.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
2108107008_7_dafpus.pdf Download (293kB) |
Abstract
Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh guru dalam upaya mendidik siswa serta mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. metode pembelajaran sendiri sangatlah beragam seperti metode ceramah, diskusi, demonstrasi dan sebagainya. Oleh karena itu sebagai seorang guru sebelum mengajar di kelas sudah mempersiapkan metode pembelajaran seperti apa yang akan diterapkan sehingga dalam proses pembelajaran akan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick di Kelas III D MI Al Washliyah Perbutulan Kab.Cirebon. (2) Mengetahui Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Kelas III D MI Al Washliyah Perbutulan Kab.Cirebon. (3)Mengetahui Dampak Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas III D MI Al Washliyah Perbutulan Kab.Cirebon. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat konsentrasi siswa selama proses pembelajaran konvensional yang mengakibatkan kurang optimalnya pemahaman materi. Metode talking stick dipilih karena menurut slavin dan carol locust dianggap mampu mendorong partisipasi aktif, interaksi, dan konsentrasi belajar siswa melalui penggunaan tongkat yang bergiliran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan dan observasi terus terang-tersamar, wawancara mendalam dengan guru serta siswa dan dokumentasi berupa catatan lapangan dan lembar observasi. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas III D dan siswa kelas III D MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan triangulasi data yaitu reduksi data, display data dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran talking stick ini membuat para siswa lebih berkonsentrasi dalam belajar atau mengalami peningkatan konsentrasi belajar khususnya pada mata pelajaran IPAS. Peneliti simpulkan bahwa (1) Penerapan metode pembelajaran talking stick di kelas III D MI Al Washliyah Perbutulan sudah sangat baik dan melalui 5 tahap yakni persiapan, penjelasan materi, pembelajaran inti, sesi tanya jawab dan kesimpulan. (2) Tingkat konsentrasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan metode talking stick. (3) Dampak dari penerapan metode pembelajaran talking stick untuk meningkatkan konsentrasi belajar sangat baik hal ini dapat dilihat dari jumlah 30 siswa sudah ada 12 siswa atau 40% yang memiliki konsentrasi belajar sangat baik, 12 siswa atau 40% konsentrasi belajar baik, 4 siswa atau 13% memiliki konsentrasi cukup dan 2 siswa atau 6% masih memiliki konsentrasi belajar kurang.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, Talking Stick, Konsentrasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 07:40 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16589 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |