Putri Lestari Alfaoji, (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Aplikasi Kahoot Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas IV Di MI Salafiyah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108107024_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107024_2_bab1.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
2108107024_6_bab5.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
2108107024_7_dafpus.pdf Download (291kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajarnya. Pada saat proses pembelajaran di kelas, guru seringkali menggunakan metode ceramah yang membuat siswa cepat bosan dan tidak termotivasi untuk belajar. Motivasi belajar yang rendah dapat menyebabkan penurunan hasil belajar siswa dan menurunkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Motivasi belajar merupakan sesuatu keadaan yang terdapat pada diri seseorang individu dimana ada suatu dorongan untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan pretest posttest angket. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling karena hanya mengambil kelas IV berdasarkan dengan pertimbangan tertentu, tidak memilih secara acak. Data yang diolah dan diperoleh dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis serta uji effect size. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi kahoot dengan menggunakan observasi memperoleh nilai persentase sebesar 96,42% termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dari hasil pretest dan posttest angket motivasi belajar sebanyak 40 siswa diperoleh hasil rata-rata sebelum perlakuan (pretest) yaitu 35,22 sedangkan setelah perlakuan (posttest) meningkat menjadi 43,20. Dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar di kelas IV MI Salafiyah Kota Cirebon dengan rata-rata skor sebesar 7,975 poin, dari rata-rata nilai pretest ke rata-rata nilai posttest sehingga motivasi akhir siswa dapat dikatakan baik. Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai Sig. (0,000) < α (0,05) yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Kemudian pada hasil Uji Effect Size diketahui bahwa hasil uji effect size memperoleh nilai cohen’s d sebesar -3,744 menunjukkan pengaruh yang sangat besar dari perlakuan terhadap motivasi belajar siswa. Nilai Cohen’s d sebesar 3,74 termasuk ke dalam kategori sangat besar (very large effect) berdasarkan interpretasi umum dari Cohen (1988).
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Aplikasi Kahoot, Motivasi Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:26 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:26 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |