Nely Fathia, (2025) Pengembangan Komik Berbasis Open Ended Problem Berbantuan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MI Negeri Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108107056_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107056_2_bab1.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
2108107056_6_bab5.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
2108107056_7_dafpus.pdf Download (382kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir kreatif dalam pelajaran matematika. Untuk mengatasi masalah ini , peneliti mengembangkan produk berupa komik berbasis open ended problem berbantuan artificial intelligence dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas II MI Negeri Kota Cirebon. Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan pengembangan komik berbasis open ended problem berbantuan Artificial Intelligence untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa MI Negeri Kota Cirebon, (2) menghasilkan kevalidan komik berbasis open ended problem berbantuan Artificial Intelligence untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa MI Negeri Kota Cirebon, (3) menghasilkan kepraktisan komik berbasis open ended problem berbantuan Artificial Intelligence untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa MI Negeri Kota Cirebon, serta (4) menghasilkan efektivitas komik berbasis open ended problem berbantuan Artificial Intelligence untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa MI Negeri Kota Cirebon. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode RnD dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluate). Desain penelitian ini menggunakan desain One Group Prestest-Posttest dengan teknik pengumpulan data yaitu lembar validasi, lembar angket kepraktisan, dan lembar pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 2B MI Negeri Kota Cirebon yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai dari ahli media sebesar 92,6% yang termasuk dalam kategori sangat valid, lalu ahli materi mendapatkan nilai sebesar 80% dengan kategori sangat valid, dan ahli bahasa mendapatkan nilai sebesar 96% dikategorikan sangat valid. Dari segi kepraktisan, komik berbasis open ended problem berbantuan Artificial Intelligence mendapat nilai kepraktisan dari guru sebesar 94,67% yang termasuk dalam kategori sangat praktis dan dari siswa sebesar 98,62% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Selain itu, kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0,6057 yang termasuk kategori sedang, sehingga komik berbasis open ended problem berbantuan Artificial Intelligence dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas II SD/MI dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik, Open Ended Problem, Artificial Intelligence, Berpikir Kreatif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:54 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:54 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16601 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |