Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Sekolah Dasar

Firyal Khoiroh. N, (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Sekolah Dasar. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
2108107077_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108107077_2_bab1.pdf

Download (295kB)
[img] Text
2108107077_6_bab5.pdf

Download (196kB)
[img] Text
2108107077_7_dafpus.pdf

Download (283kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi pada abad ke-21 menuntut dunia pendidikan untuk membekali peserta didik dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi, salah satunya adalah kemampuan berpikir komputasional. Namun demikian, hasil studi internasional seperti Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 mengindikasikan bahwa kemampuan matematika dan berpikir komputasional siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Kondisi ini menegaskan pentingnya inovasi dalam penerapan model pembelajaran di jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa sekolah dasar. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya kemampuan berpikir komputasional siswa, yang berdampak pada lemahnya penguasaan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, pemecahan masalah, serta literasi teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design), yaitu pretestposttest control group design. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yakni kelas eksperimen yang menerapkan model PjBL dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes untuk mengukur kemampuan berpikir komputasional sebelum dan sesudah perlakuan, serta observasi untuk melihat keterlibatan dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir komputasi siswa yang mengikuti model Project Based Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti model PjBL berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir komputasi siswa. Rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 82,13 untuk kelas eksperimen dan 68,75 untuk kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa sekolah dasar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Kemampuan berpikir komputasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:12
Last Modified: 06 Aug 2025 03:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16606

Actions (login required)

View Item View Item