Rury Fahreza, (2025) Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Berita Daring di Kabar Cirebon dan Pemanfaatannya sebagai Instrumen Penilaian Pembelajaran. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108110008_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2108110008_2_bab1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108110008_6_bab5.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
2108110008_7_dafpus.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa pada penulisan berita daring di Kabar Cirebon dan pemanfaatannya sebagai instrumen penilaian pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah maraknya kesalahan berbahasa pada penulisan berita di media massa. Kesalahan berbahasa berarti penggunaan bahasa Indonesia yang tidak mematuhi atau menyimpang dari kaidah kebahasaan baik tulis atau lisan. Bentuk kesalahan berbahasa yang diteliti ada tiga tataran yaitu ejaan, morfologi, dan sintaksis. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari berita daring Kabar Cirebon yang terbit bulan November dari tanggal 1-30, tahun 2024 dengan fokus pada tema politik. Data penelitian ini berupa kutipan kalimat yang mengandung bentuk kesalahan berbahasa yaitu ejaan, morfologi, dan sintaksis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan baca, simak, dan catat (BSC). Instrumen pengumpulan data yaitu dengan kartu data yang berisi jenis kesalahan, kode data, dan perbaikan. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teori untuk menentukan kebenaran data. Teknik analisis data menggunakan metode agih dengan alat penentu penelitian bahasa itu sendiri, seperti bidang ejaan, morfologi, dan sintaksis. Penelitian ini menggunakan teknik dasar, bagi unsur langsung (BUL) dengan teknik lanjutan, yaitu lesap, ganti, perluas, dan balik. Selain itu teknik baca markah juga dipadukan dengan teknik lanjutan. Hasil penelitian kesalahan berbahasa yang ditemukan yaitu sebanyak 296 data, terdiri dari ejaan, morfologi dan sintaksis. Pada tataran ejaan, terdapat 146 data. Rincian kesalahan ejaan ada tiga yaitu huruf kapital 33, tanda baca 47, dan penulisan kata 66 data. Kesalahan yang ditemukan pada morfologi ada 54, terdiri dari afiksasi sebanyak 31, reduplikasi 7, dan komposisi 16 data. Adapun kesalahan sintaksis terbagi menjadi dua aspek yaitu frasa 42 dan kalimat 54 data. Kesalahan aspek frasa yaitu ditemukan preposisi yang tidak tepat berjumlah 8, susunan kata ada 6, superlatif berlebihan tidak ada, penjamakan ganda 3, dan unsur berlebihan 25 data. Dalam aspek kalimat ditemukan kesalahan kalimat tidak logis berjumlah 8, penghilangan konjungsi 25, kalimat tidak bersubjek 10, dan konjungsi yang berlebihan 11 data. Pemanfaatan penelitian yang diterapkan yaitu untuk instrumen penilaian pembelajaran teks berita kelas VII SMP. Setiap kesalahan berbahasa yang dianalisis dilengkapi dengan bentuk perbaikannya
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Berbahasa, Berita Daring, dan Instrumen Penilaian Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:51 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:51 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |