Representasi Religiusitas Siswa Kelas IX MTs Al-Hidayah Guppi dalam Menulis Cerita Pendek dan Pemanfaatannya sebagai Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Digital

Sri Rahayu, (2025) Representasi Religiusitas Siswa Kelas IX MTs Al-Hidayah Guppi dalam Menulis Cerita Pendek dan Pemanfaatannya sebagai Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Digital. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
2108110039_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108110039_2_bab1.pdf

Download (371kB)
[img] Text
2108110039_6_bab5.pdf

Download (340kB)
[img] Text
2108110039_7_dafpus.pdf

Download (571kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis nilai religiusitas dan unsur intrinsik dalam kumpulan menulis cerita pendek siswa kelas IX MTs Al-Hidayah Guppi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data merupakan pemilik data atau individu yang yang dimintai data. Sumber data utama penelitian ini adalah kumpulan cerita pendek yang dibuat oleh siswa kelas IX MTs Al-Hidayah Guppi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi yang didapatkan pada penelitian ini yaitu karya sastra (cerpen). Kemudian menggunakan teknik simak untuk memperhatikan dengan seksama penulisan dari unsur intrinsik dan nilai religiusitas dalam cerpen untuk memahami makna yang ingin disampaikan oleh penulis. Kemudian menggunakan teknik baca dan catat untuk membaca kumpulan cerita pendek yang ditulis oleh siswa kelas IX dan mencatat struktur cerita dari unsur intrinsik dan nilai religiusitas yang terkandung di dalam kumpulan cerpen siswa kelas IX. Validitas data dilakukan dengan cara melakukan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik integrasi dan teknik analisis teks. Data yang terkumpul ada 26 dari 42 siswa namun, yang sesuai dengan nilai religiusitas hanya ada 11 karya cerita pendek siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kumpulan menulis cerita pendek siswa kelas IX ditemukan religious belief (keyakinan) dengan jumlah data sebanyak 5, religious practice (menjalankan kewajiban) dengan jumlah data sebanyak 25, religious feeling (penghayatan) dengan jumlah data sebanyak 8, religious knowledge (pengetahuan) dengan jumlah data sebanyak 9, dan religious effect (perilaku) dengan jumlah data sebanyak 10. Quizizz ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi dari cerpen yang termasuk ke nilai religious dan pemahaman siswa terhadap unsur intrinsik dalam cerita pendek.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Short Story, Religious Value, Quizizz
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:37
Last Modified: 06 Aug 2025 07:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16636

Actions (login required)

View Item View Item