PERAN IKATAN REMAJA MASJID (IRMAS) BAITUS SHOLIHIN DALAM PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS DIGITAL DI DESA WARUJAYA

Tuti Alawiyah, (2025) PERAN IKATAN REMAJA MASJID (IRMAS) BAITUS SHOLIHIN DALAM PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS DIGITAL DI DESA WARUJAYA. Bachelor thesis, SI- Pemberdayaan Masyarakat Islam.

[img] Text
1808305113_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1808305113_2_bab1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
1808305113_6_bab5.pdf

Download (26kB)
[img] Text
1808305113_7_dafpus.pdf

Download (32kB)

Abstract

Ikatan Remaja Masjid Baitus Sholihin salah satu organisasi yang terletak di Desa Warujaya, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon. Yang dinaungi oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM). Organisasi ini bertujuan untuk mengaktifkan para remaja yang ada di Desa Warujaya untuk ikut serta aktif dalam kegiatan keagamaan berupa Peringatan Hari Besar Islam dan kegiatan Sosial yang ada di Masjid. Peran Ikatan Remaja Masjid sangat di butuhkan di kalangan masyarakat yang ada di Desa Warujaya. Mengingat adanya permasalahan yang sedang dihadapi terkait anggaran untuk merealisasikan kegiatan tersebut, maka Ikatan Remaja Masjid berinsiatif membuat produk kerajianan tangan seperti strap masker, bros, gantungan kunci dan minuman jelly milk . Dengan ini muncul permasalahan baru terkait sistem penjualan produk yang harus mencapai target agar bisa merealisasikan kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial. Dari situ muncullah ide sistem penjualan digitalisasi atau penjualan secara online seperti di whatsap, facebook, dan instagram. Maka dibutuhkan pelatihan sistem pengembangan UMKM berbasis digital agar penjualan produk bisa stabil. Berdasarkan realitas tersebut, peneliti memiliki pertanyaan penelitian sebagai berikut : (1) Bagaimana peran Ikatan Remaja Masjid dalam pengembangan UMKM berbasis digital?, (2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan UMKM berbasis digital pada kegiatan Ikatan Remaja Masjid?, (3) Bagaimana dampak pengembangan UMKM berbasis digital pada kegiatan Ikatan Remaja Masjid. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber atau data yang diperoleh dari observasi partisipasi lapangan dengan melibatkan narasumber untuk di wawancarai serta terdapat dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah peran ikatan remaja masjid sangat penting untuk pelaksanaan kegiatan, dan pelaksanaan penjualan produk. Yang mana hasil tersebut akan digunakan untuk merealisasikan kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial. Mengingat faktor pendukung dari remaja sangat antusias untuk mengikuti pelatihan UMKM berbasis digital untuk bisa menjual produk yang lebih banyak lagi. Walau pastinya tidak terlepas dari faktor penghambat yang akan dialami seperti jaringan yang tidak stabil atau peran anggota IRMAS yang menurun semangatnya. Dampak adanya UMKM berbasis digital ini sangat membantu khususnya di sistem penjualan produk, dan masyarakat luar bisa lebih mengenal produk yang di jual oleh IRMAS Baitus Sholihin Desa Warujaya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:59
Last Modified: 06 Aug 2025 07:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16647

Actions (login required)

View Item View Item