Mohammad Imron, (2025) Nilai-nilai Pendidikan Tasawuf Akhlaki dalam Kitab Al Hikam karya Habib Abdullah binAlwi Al-Haddad. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
AWALAN mohamad imron -DAFTAR ISI.pdf Download (641kB) |
![]() |
Text
BAB I -moh imron.pdf Download (569kB) |
![]() |
Text
BAB V -Moh. imron.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
DAPUS -moh imron.pdf Download (126kB) |
Abstract
Tasawuf dalam sejarah peradaban Islam mempunyai peranna sentral dalam perkembangan spiritualitas Islam. tasawuf merupakan satu bidang kajian Islam yang menitik beratkan pada penyucian aspek spiritual manusai, sehingga melahirkan akhlak yang baik dan mulia. Terjadinya kenakalan remaja, tawuran antar sekolah, buliying anatar pelajar, penghentian kehamilan (aborsi), pemerkosaan, pembunuhan, penipuan, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas yang mengarah pada perilaku seksual menyimpang, dan contoh yang lain, itu semua berasal dari kotoran atau kebobrokan jiwa manusia, yaitu dari jiwa yang jauh tuntunan Allah karena ia tidak pernahberusaha mendekati-Nya. Tujuan penelitian: (1) mendeskripsikan nilai-nilai tasawuf akhlaki dalam kitab al Hikam (2) mengetahui relevansi dengan nilai- nilai tasawuf akhlaki dalam kitab Al-Hikam karya Habib Abdullah Bin Alwi Al- Haddad dalam Sistem Pendidikan Nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Analitik, data yang dikumpulkan berasal dari kajian pustaka, yaitu data yang berasal dari berbagai sumber kajian bahan-bahan kepustakaan, berupa: ensiklopedi, buku-buku, artikel, dan karya ilmiah yang dimuat dalam media massa seperti majalah, surat kabar dan jurnal ilmiah. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) tiga nilai dasar yang terkandung dalam Pendidikan Tasawuf meliputi nilai spiritual, nilai moral dan nilai sosial, (2) Pendidikan Islam merupakan bagian integral dari Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Tahun 2003. Negara mengakui eksistensinya dan memberi ruang bagi pengembangan pendidikan Islam, termasuk dukungan dana dan perhatian, guna memnuhi kebutuhan mayoritas masyarakat Muslim di Indonesia. Kata Kunci : Nilai Pendidikan, Tasawuf, Kitab Al Haddad.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan, Tasawuf, Kitab Al Haddad. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:50 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:34 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16664 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |