BUDIMAN TRI CAHYADI, (2025) ANALISIS STRATEGI PENDIDIKAN MASYARAKAT OLEH PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT HOMESCHOOLING CARNATION CIREBON. Bachelor thesis, SI- Pemberdayaan Masyarakat Islam.
![]() |
Text
2108305020_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108305020_2_bab1.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
2108305020_6_bab5.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
2108305020_7_dafpus.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Homeschooling Carnation Cirebon adalah lembaga pendidikan non formal yang menyediakan program homeschooling dari SD hingga SMA dengan konsep pembelajaran yang personal dan nyaman. Lembaga ini juga fokus pada pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan non formal di Kampung Cibogo. Lembaga ini aktif melibatkan masyarakat dan tokoh lokal dalam proses pembelajaran dan pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat Berdasarkan latar belakang masalah pertanyaan yang diajukan oleh peneliti yaitu: 1.) Bagaimana strategi pendidikan masyarakat oleh PKBM Homeschooling Carnation Cirebon dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kampung Cibogo ? 2.) Faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan strategi pendidikan masyarakat oleh PKBM Homeschooling Carnation Cirebon dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kampung Cibogo ? Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) proses strategi yang diterapkan dalam Pendidikan Masyarakat di kampung cibogo terdapat 4 strategi yaitu 1) kerjasama. 2) pendidikan paket A. 3) Kakak Tutor. 4) Metode pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi pendidikan masyarakat oleh PKBM Homeschooling Carnation Cirebon yaitu 1) faktor pendukung melalui a) Authority. b) Confidence. c) Trust. d) Opportunity. e) Responsibilities. f) Support. dan juga faktor penghambat
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:37 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |