PROGRAM SEKOLAH LANSIA FLAMBOYAN DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN LANSIA DI DESA MATANGAJI KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON

Mutia Tisfah, (2025) PROGRAM SEKOLAH LANSIA FLAMBOYAN DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN LANSIA DI DESA MATANGAJI KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, SI- Pemberdayaan Masyarakat Islam.

[img] Text
2108305029_1_cover.pdf

Download (955kB)
[img] Text
2108305029_2_bab1.pdf

Download (391kB)
[img] Text
2108305029_6_bab5.pdf

Download (252kB)
[img] Text
2108305029_7_dafpus.pdf

Download (301kB)

Abstract

Indonesia sedang menghadapi fenomena penuaan penduduk yang ditandai dengan meningkatnya jumlah lanjut usia (lansia), termasuk di wilayah Jawa Barat khususnya Desa Matangaji, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Desa Matangaji, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon mencatat sebanyak 517 jiwa lanjut usia (lansia) pada tahun 2023, yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam populasi lansia. Kenaikan jumlah tersebut berdampak pada munculnya berbagai permasalahan, seperti penurunan kondisi fisik, gangguan kesehatan kronis, serta keterbatasan dalam beraktivitas sosial. Minimnya peran serta keluarga dalam mendampingi lansia dan terbatasnya akses terhadap layanan kesehatan turut memperburuk kondisi mereka. Sebagai respons atas permasalahan tersebut, Pemerintah Desa Matangaji bersama Ikatan Ramah Lansia (IRL) menginisiasi Program Sekolah Lansia Flamboyan sebagai upaya pemberdayaan lansia agar dapat hidup secara mandiri, sehat, dan aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk memahami secara mendalam pengalaman para lansia peserta program dan para pengelola dalam proses pelaksanaan Program Sekolah Lansia Flamboyan. Informan dalam penelitian ini terdiri atas lima orang kader/pengelola dan enam orang peserta lansia yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik yang mencakup proses transkripsi, koding, kategorisasi, serta identifikasi tema-tema utama yang muncul dari data lapangan. Hasil penelitian menunjukkan program Sekolah Lansia Flamboyan dalam membentuk kemandirian lansia di Desa Matangaji Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon dengan melalui tiga tahapan yakni tahap pembentukan, tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Hasil penelitian yang kedua mengenai pelaksanaan program Sekolah Lansia Flamboyan terdapat faktor pendukung dan penghambat, terakhir hasil dari program Sekolah Lansia Flamboyan berhasil dalam membentuk kemandirian lansia di Desa Matangaji Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon dapat dilihat dari empat dimensi, yaitu dimensi fisik, dimensi intelektual, dimensi emosional dan dimensi sosial kemasyarakatan. Dengan demikian, Program Sekolah Lansia Flamboyan di Desa Matangaji terbukti efektif sebagai bentuk intervensi berbasis komunitas dalam meningkatkan kualitas hidup dan kemandirian lansia. Program ini memiliki potensi untuk direplikasi di wilayah lain yang menghadapi tantangan serupa dalam hal penuaan penduduk

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:47
Last Modified: 07 Aug 2025 02:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16704

Actions (login required)

View Item View Item