NISSA AL’VISYAHRIN, (2025) Efektivitas penerapan model pembelajaran tactical Games berbasis wordwall terhadap kemampuan berpikir Kreatif siswa pada materi aritmetika sosial. Bachelor thesis, S1 - Tadris Matematika UIN SSC.
![]() |
Text
2108105064_1_cover.pdf Download (633kB) |
![]() |
Text
2108105064_2_bab1.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
2108105064_6_bab5.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
2108105064_7_dafpus.pdf Download (228kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika abad ke-21, terutama pada materi Aritmetika Sosial yang menuntut pemecahan masalah secara fleksibel. Namun, model pembelajaran langsung (Direct Instruction) yang minim interaksi masih mendominasi pembelajaran, sehingga kemampuan berpikir kreatif siswa belum berkembang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Tactical Games berbasis Wordwall dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi experiment jenis Pre-test-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian melibatkan dua kelas VII SMP Negeri 14 Kota Cirebon, masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kontrol, dengan total 73 siswa. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan berpikir kreatif yang mencakup indikator fluency, flexibility, originality, dan elaboration, serta angket respons siswa. Analisis data dilakukan uji-t dan N-Gain. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan mean difference sebesar 15,301, menunjukkan bahwa model pembelajaran Tactical Games berbasis Wordwall memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Sementara itu, hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan pada kelas eksperimen adalah 0,5980 (kategori sedang), sedangkan pada kelas kontrol hanya 0,1564 (kategori rendah). Respons siswa terhadap model pembelajaran juga sangat positif, dengan rata-rata skor angket mencapai 88%, menunjukkan bahwa siswa merasa senang, termotivasi, dan tertarik mengikuti pembelajaran berbasis permainan digital. Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi Tactical Games dan Wordwall efektif dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, serta mampu menstimulasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Keterbatasan penelitian terletak pada cakupan materi yang hanya membahas Aritmetika Sosial dan ruang lingkup sekolah yang terbatas. Orisinalitas penelitian terletak pada sinergi antara pendekatan taktis dan teknologi berbasis permainan digital, yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tactical Games, Wordwall, Berpikir Kreatif, Aritmetika Sosial, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:09 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:09 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16715 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |