PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON

IDA ROYANI, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IDA ROYANI_58461261_ok-min.pdf

Download (588kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan di SMP Negeri 8 Cirebon diketahui bahwa pembelajaran biologi masih didominasi oleh guru, sehingga siswa cenderung pasif. Selain itu guru sudah sering memberikan tugas diluar jam pelajaran, namun tugas tersebut hanya untuk dikumpulkan dan dinilai. Sehingga dalam penelitian ini dilatar belakangi ketertarikan peneliti untuk menerapkan strategi pembeljaran Everyone Is A Teacher Here pada proses pembelajaran biologi Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP N 8 Kota Cirebon dalam pembelajaran Biologi dengan penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada pokok bahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (2) Untuk mengetahui perbedaan pembelajaran biologi yang mengunakan strategi pembelajaran dengan pembelajaran konvesional terhadap prestasi belajar Siswa (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Dasar pemikiran dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here proses belajar siswa akan lebih baik. Dengan strategi tersebut siswa diajak untuk aktif dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa akan meningkat. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Cirebon dengan sampel 2 kelas yaitu kelas VIII G (kelas Eksperimen) sebanyak 34 siswa dan kelas VIII F (kelas kontrol) sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan test yang meliputi pretest dan postest. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan bantuan aplikasi SPSS 16 untuk menguji normalitas, homogenitas, hipotesis dan gain. Hasil penelitian menunjukkan data kedua kelas berdistribusi normal, dengan nilai uji normalitas kelas eksperimen menurut Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk adalah 0.08 dan 0.08, sedangkan kelas kontrol adalah 0.200 dan 0.198. data uji normalitas kedua kelas tersebut lebih besar dari nilai α (0.05) sehingga dapat disimpulkan data masing-masing kelas tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas kedua kelas tersebut juga berdistribusi homogen dengan hasil yang diperoleh yaitu 0.62, sehingga dapat diputuskan data tersebut berdistribusi homogeny (0.62 > 0.05). setelah mengetahui hasil uji normalitas dan homogenitas, selanjutnya di lakukan uji hipotesis dengan Independent Sample Test dengan bantuan SPSS 16, dari hasil uji hipotesis tersebut didapatkan nilai sig.(2-tailed) 0.000. Dengan demikian dapat diputuskan bahwa uji hipotesis tersebut menunjukkan menerima Ha (0.000 < 0.005), sehingga hasil hipotesis penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kearah yang lebih baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:17
Last Modified: 05 Apr 2017 02:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1672

Actions (login required)

View Item View Item