PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL LABORATORY PADA MATERI UJI ZAT MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA KARTIKA XIX-5

IMANDA TRIANAKITA, (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL LABORATORY PADA MATERI UJI ZAT MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA KARTIKA XIX-5. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
1808106134_1_cover.pdf

Download (779kB)
[img] Text
1808106134_2_bab1.pdf

Download (276kB)
[img] Text
1808106134_6_bab5.pdf

Download (236kB)
[img] Text
1808106134_7_dafpus.pdf

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilaksanakan masih bersifat konvensional dengan menggunakan metode ceramah yang menitikberatkan pada buku teks dan lembar kerja tanpa menggunakan media pembelajaran apapun. Hal ini mengakibatkan siswa kurang menunjukkan keaktifannya saat pembelajaran di kelas, serta membuat siswa bosan dan kesulitan menyerap materi yang disampaikan. Oleh karena itu, diperlukan adanya media pembelajaran yang inovatif dan memberikan respon positif terhadap minat belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian R&D yaitu identifikasi potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba penggunaan, revisi produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, respon guru dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis Virtual Laboratory dengan Lectora Inspire 18 dimana penelitian ini telah divalidasi oleh 3 orang ahli yaitu ahli media memperoleh skor 90%, ahli materi memperoleh skor 92% dan Ahli Bahasa memperoleh skor 96% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan respon siswa dengan menggunakan angket pada kelompok uji coba memperoleh skor 84,33% dengan kategori “Sangat Baik”, kemudian pada penilaian guru memperoleh skor 89,5% dengan kategori “Sangat Baik”. kemudian hasil Tes Hasil Belajar siswa yaitu dengan nilai rata-rata 86,62 berada diatas KKM yaitu 77. Dan peningkatan hasil belajar siswa dengan perhitungan N – Gain sebesar 0,56. Berdasarkan hal tersebut maka media pembelajaran berbasis Virtual Laboratory dengan menggunakan Lectora Inspire 18 layak digunakan sebagai alat bantu dalam proses kegiatan belajar mengajar khususnya pada materi pengujian zat makanan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Virtual Laboratory, Uji Zat Makanan, Lectora Inspire 18
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:43
Last Modified: 07 Aug 2025 03:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16735

Actions (login required)

View Item View Item