DIGITAL MARKETING STRATEGIES TO IMPROVE THE SUCCESS OF MARKET TRADERS IN TEGALGUBUG

Nazibatun Nabila, (2025) DIGITAL MARKETING STRATEGIES TO IMPROVE THE SUCCESS OF MARKET TRADERS IN TEGALGUBUG. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial UIN SSC.

[img] Text
2108104042_1_cover.pdf

Download (952kB)
[img] Text
2108104042_2_bab1.pdf

Download (354kB)
[img] Text
2108104042_6_bab5.pdf

Download (275kB)
[img] Text
2108104042_7_dafpus.pdf

Download (280kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola belanja masyarakat dan menuntut pedagang tradisional untuk beradaptasi, termasuk para pedagang di Pasar Tegalgubug. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pemanfaatan pemasaran digital oleh sebagian besar pedagang, padahal ada sebagian yang telah berhasil meningkatkan penjualan melalui e-commerce dan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan strategi pemasaran digital yang efektif bagi para pedagang pasar tegalgubug dalam meningkatkan keberhasilan usaha; 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha pedagang pasar tegalgubug; 3) Mendeskripsikan dampak e�commerce dan media sosial terhadap keberhasilan usaha pedagang pasar tegalgubug. Penelitian ini didasarkan pada gagasan bahwa penggunaan media sosial dan platform e-commerce dapat meningkatkan jangkauan pasar dan membuat pedagang lebih dekat dengan pelanggan. Pemasaran modern melihat strategi digital seperti pemetaan audiens, konten berkualitas tinggi, konsistensi posting, interaksi aktif dengan pelanggan, dan pemilihan platform yang tepat sebagai bagian penting dari strategi tersebut yang menjadi kunci keberhasilan usaha. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap tujuh pedagang Pasar Tegalgubug yang telah menerapkan strategi digital dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital yang diterapkan pedagang Pasar Tegalgubug berhasil meningkatkan penjualan. 1) Strategi tersebut meliputi pemilihan platform yang sesuai dengan karakteristik konsumen, pembuatan konten menarik, konsistensi dalam promosi, serta interaksi aktif dengan pelanggan. 2) Keberhasilan usaha juga dipengaruhi oleh beberapa faktor utama, yaitu: pemilihan platform yang tepat, strategi promosi aktif, penetapan harga yang kompetitif, serta kualitas dan relevansi produk. 3) Dampak dari penggunaan e-commerce dan media sosial dirasakan secara nyata oleh pedagang, berupa peningkatan traffic, peningkatan penjualan, dan kenaikan pendapatan. Kontribusi utama penelitian ini memberikan pemahaman mengenai transformasi digital di pasar tradisional, serta mendorong integrasi teknologi upaya memperkuat daya saing ekonomi lokal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Keberhasilan Usaha, Media Sosial, Pemasaran Digital
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:42
Last Modified: 07 Aug 2025 04:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16756

Actions (login required)

View Item View Item