PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GAGNON AND COLLAY TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

ZAHWA NAFIDATUL JANNAH, (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GAGNON AND COLLAY TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2008106063_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008106063_2_bab1.pdf

Download (144kB)
[img] Text
2008106063_6_bab5.pdf

Download (118kB)
[img] Text
2008106063_7_dafpus.pdf

Download (272kB)

Abstract

Hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi dalam salah satu sekolah yang terdapat di wilayah cirebon timur masih tergolong rendah. Diperlukan strategi pembelajaran yang dapat memicu peningkatan ketrampilan berpikir krits siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengidentifikasi penerapan model pembelajaran Gagnon and Collay pada materi pemanasan global untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran Gagnon and Collay dengan kelas yang tidak menerapkan model Gagnon and Collay pada materi pemanasan global, untuk mengkaji respon siswa melalui penerapan model pembelajaran Gagnon and Collay pada materi pemanasan global untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Nahdhatul Ulama Buntet Pesantren Cirebon dengan sampel kelas X-1 dan kelas X-2 dipilih dengan menggunakan purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, tes dan angket. Hasil penelitian bahwa aktivitas siswa kelas eksperimen memperoleh presentase rata-rata aktivitas selama proses pembelajaran Gagnon and Collay sebesar 96,28 dengan kualifikasi Baik, hal ini menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran Gagnon and Collay dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Hasil belajar siswa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan model Gagnon and Collay dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Respon siswa pada implementasi model Gagnon and Collay dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis sebagian besar memperoleh rata-rata persentase 72,84. Rata-rata seluruh siswa memberikan tanggapan positif dalam pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Gagnon and Collay, keterampilan berpikir kritis, pemanasan global
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:45
Last Modified: 07 Aug 2025 06:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16766

Actions (login required)

View Item View Item