MUH. JAIHAN LABIIB, (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TANDUR DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI MTSN 4 CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.
![]() |
Text
2108101135_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108101135_2_bab1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108101135_6_bab5.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text
2108101135_7_dafpus.pdf Download (607kB) |
Abstract
Rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak menjadi tantangan serius dalam proses pendidikan di MTsN 4 Cirebon. Pembelajaran cenderung masih berpusat pada guru dengan pendekatan konvensional, menyebabkan siswa cepat bosan dan kurang terlibat aktif dalam kegiatan belajar. Untuk mengatasi masalah ini, model pembelajaran PAIKEM TANDUR diterapkan sebagai solusi alternatif. Model ini menggabungkan prinsip pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) dengan tahapan Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan (TANDUR), yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi siswa secara menyeluruh baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PAIKEM TANDUR pada mata pelajaran Akidah Akhlak; (2) menganalisis tingkat keaktifan siswa; dan (3) mengukur efektivitas model dalam meningkatkan keaktifan siswa di MTsN 4 Cirebon. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi, penerapan pada penggunaan Model Pembelajaran Paikem Tandur pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada di MtsN 4 Cirebon termasuk kriteria Baik dengan persentase 78%, kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan koefisien determinasi (R²) dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PAIKEM TANDUR berdampak signifikan terhadap peningkatan keaktifan siswa. Hasil uji t memperoleh nilai t hitung sebesar 2,076 > t tabel 2,000 dengan tingkat signifikansi 0,042 < 0,05, yang berarti Ha diterima. Selain itu, terdapat peningkatan kontribusi keaktifan dari 21,7% di kelas kontrol menjadi 67,3% di kelas eksperimen, menunjukkan selisih peningkatan sebesar 45,6%. Aktivitas siswa menjadi lebih hidup, mereka menunjukkan antusiasme dalam diskusi, praktik langsung, serta refleksi pembelajaran yang mendalam. Dengan demikian, model pembelajaran PAIKEM TANDUR terbukti efektif meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak dan dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di madrasah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAIKEM TANDUR, Akidah Akhlak, Keaktifan Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:10 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:10 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |