KHOTIMAH, (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASSED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
1808101202_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1808101202_2_bab1.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
1808101202_6_bab5.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
1808101202_7_dafpus.pdf Download (195kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan peneliti pada saat pra observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 17 Kota Cirebon. Bahwa selama proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan penugasan untuk mengerjakan buku pelajaran. Karena komunikasi hanya terjadi satu arah dalam pembelajaran, dan hanya pendidik yang aktif sedangkan siswa masih ada yang cenderung pasif, maka paradigma pembelajaran konvensional kurang membantu selama pembelajaran aktif. Siswa juga kurang mampu mengaitkan apa yang dipelajari dengan penggunaan atau pemanfaatan pengetahuan yang mereka peroleh, sehingga keterlibatan dan kreativitas siswa terbatas pada instruksi yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran project bassed learning di SMP Negeri 17 Kota Cirebon, untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa setelah diterapkan model pembelajaran project bassed learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VIII di SMP Negeri 17 Kota Cirebon., serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan model pembelajaran project bassed learning kelas VIII di SMP Negeri 17 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis one group pretest posttest desain. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket dan dokumentasi. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji Paired Sample T- test dan uji N-gain dengan bantuan software IBM SPSS Statitics versi 26. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran project basssed learning dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa di SMP Negeri 17 Kota Cirebon dalam kategori baik hal ini dibuktikan dengan perhitungan nilai angket respon siswa dengan persentase 83,00 %. Pada uji N-gain menunjukan terdapat peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa setelah diberikan model pembelajaran project bassed learning dengan nilai N-gain sebesar 0,59 dalam kategori sedang. Faktor pendukung penerapan project bassed learning yaitu adanya peran guru, sarana dan prasarana, dan minat belajar siswa. Sementara faktor penghambat project bassed learning yaitu memerlukan biaya yang relatif banyak, waktu yang diperlukan relatif lama, dan siswa yang pasif.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Bassed Learning, Kemampuan Berfikir Kreatif, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:10 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:22 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16776 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |