PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI SMK AL�HIDAYAH KOTA CIREBON

SARI NUR FITRIYANI, (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI SMK AL�HIDAYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
1808101266_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1808101266_2_bab1.pdf

Download (318kB)
[img] Text
1808101266_6_bab5.pdf

Download (205kB)
[img] Text
1808101266_7_dafpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan budaya religius merupakan sebuah proses penanaman nilai�nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari melalui budaya dan tradisi suatu daerah atau lingkungan tertentu yang berbau agamis. Banyak sekolah yang berbasis Islam telah melaksanakan program keagamaan dengan tujuan agar peserta didiknya dapat memahami makna Islam yang sebenarnya. SMK Al-Hidayah merupakan salah satu sekolah yang berbasis keIslaman di kota Cirebon yang menerapkan pelajaran berbasis pesantren. Oleh karena itu, sekolah ini memiliki beragam kebudayaan religious yang diterapkan di lingkungan sekolah yang dibimbing langsung oleh guru Pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dan hasil temuan peneliti di SMK Al-Hidayah Kota Cirebon bahwa ternyata masih ada permasalahan tentang akhlak peserta didik yang cukup mendasar. Salah satu masalah yang dihadapi peserta didik adalah kurangnya kesadaran terhadap pembelajaran dan pengamalan pada nilai-nilai akhlak, hal ini mengakibatkan peserta didik memiliki akhlak yang kurang baik seperti perilaku saling mengejek antar teman, berkata kasar, tidak sopan dan ribut ketika guru sedang menjelaskan materi pembelajaran, sering lupa bahkan tidak mengucapkan salam ketika masuk kelas maupun ruang guru, dan masih ada beberapa siswa yang tidak bersalaman ketika bertemu guru di luar kelas. Hal tersebut menunjukkan bahwa akhlak peserta didik masih kurang baik dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolahnya maupun di luar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI di SMK Al�Hidayah Kota Cirebon untuk mendeskripsikan nilai-nilai akhlak yang ditanamkan oleh guru PAI melalui budaya religius terhadap peserta didik di SMK Al-Hidayah Kota Cirebon, serta untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi dalam penanaman nilai-nilai akhlak di SMK Al-Hidayah Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian analisis data melalui reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai akhlak melalui budaya religius di SMK Al-Hidayah Kota Cirebon adalah sebagai pengajar, pembimbing, teladan, motivator dan fasilitator. Kemudian nilai-nilai akhlak yang diterapkan oleh guru PAI adalah nilai ketaqwaan, kesopanan, kedisiplinan dan juga moral. Namun, selalu ada faktor yang mempengaruhi dalam penerapannya baik itu positif maupun negatif. Faktor pendukungnya adalah adanya dukungan dari pihak sekolah, pendidik yang kompeten, sarana dan prasarana yang memadai serta minat dan semangat belajar peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya berasal dari pengaruh gadget dan teknologi, lingkungan keluarga dan pergaulan yang terlalu bebas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru PAI, Budaya Religius
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:13
Last Modified: 07 Aug 2025 07:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16778

Actions (login required)

View Item View Item