PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL CTL DENGAN INKUIRI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERTAHANAN TUBUH MANUSIA KELAS XI DI MAN CIREBON 1

HADI ANTONI, (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL CTL DENGAN INKUIRI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERTAHANAN TUBUH MANUSIA KELAS XI DI MAN CIREBON 1. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HADI ANTONI_58461171_ok-min.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Ilmu biologi merupakan suatu pelajaran yang mengkaji tentang makhluk hidup dibumi. Para siswa dapat bertukar pikiran, gagasan dan pengalaman dengan siswa maupun dengan guru. Dalam belajar ilmu biologi guru tentu harus pandai memilih model yang sesuai dengan materi atau permasalahan. Salah satu permasalahan yang sering dijumpai oleh siswa adalah rasa malas dan jenuh ketika sedang mengikuti proses belajar yang sedang berlangsung karena bersifat monoton. Salah satu cara untuk menumbuhkan suasana belajar serius tapi santai dibutuhkan model yang tepat yaitu model CTL dan Inkuiri. Kedua model ini dapat menumbuhkan rasa keingintahuan siswa sehingga suasana belajar menjadi lebih aktif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hasil belajar biologi siswa antara yang menggunakan model CTL dengan yang menggunakan model inkuiri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tulis. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan uji-t. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Cirebon 1 yang berjumlah 174 siswa pada tahun ajaran 2011-2012. Kemudian dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan Purposive Sampling yaitu kelas IPA 1 terdiri dari 35 siswa dengan menggunakan model CTL dan IPA 2 yang terdiri dari 41 siswa dengan menggunakan model Inkuiri dengan jumlah keseluruhan 76 siswa. Hasil belajar siswa yang menggunakan model Inkuiri mengalami peningkatan sebesar 0,59 dan hasil belajar siswa yang menggunakan model CTL juga mengalami peningkatan sebesar 0,54. Tetapi tidak terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa diantara kelas CTL dan Inkuiri sesuai dengan hasil uji statistik nilai signifikan 0,197 > 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa ha ditolak dan ho diterima. Kata Kunci : Penerapan, CTL dan Inkuiri, Hasil belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:32
Last Modified: 05 Apr 2017 02:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1678

Actions (login required)

View Item View Item