PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI INTEGRASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN WIGGINS

FARID FADHLU ROHMAN, (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI INTEGRASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN WIGGINS. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106004_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108106004_2_bab1.pdf

Download (513kB)
[img] Text
2108106004_6_bab5.pdf

Download (291kB)
[img] Text
2108106004_7_dafpus.pdf

Download (325kB)

Abstract

Pemahaman siswa dalam pembelajaran Biologi perlu ditingkatkan tidak hanya secara kognitif, tetapi juga dari sisi moral dan etika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Problem-Based Learning (PBL) melalui integrasi nilai-nilai moderasi beragama pada materi perubahan lingkungan, serta mengukur peningkatan pemahaman siswa berdasarkan indikator Wiggins, aktivitas belajar, dan respons siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu, melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan pada indikator interpretasi dan perspektif. Aktivitas belajar siswa lebih aktif melalui diskusi, analisis kasus berbasis nilai moderasi beragama, serta refleksi tentang peran agama dalam menjaga lingkungan. Nilai moderasi beragama yang paling berkembang adalah komitmen kebangsaan dan toleransi. Siswa menunjukkan pemahaman lebih baik tentang kaitan antara pelestarian lingkungan dan ajaran agama. Integrasi nilai moderasi beragama terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual, keaktifan belajar, dan pembentukan karakter siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pendekatan serupa dalam mata pelajaran lain untuk mendukung keterpaduan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai karakter.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Moderasi Beragama, Pembelajaran Biologi, Perubahan Lingkungan, Pemahaman Wiggins.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:23
Last Modified: 07 Aug 2025 07:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16782

Actions (login required)

View Item View Item