Naeylatul Ngizah, (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI SISTEM GERAK. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.
![]() |
Text
2108106014_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108106014_2_bab1.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
2108106014_6_bab5.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
2108106014_7_dafpus.pdf Download (796kB) |
Abstract
Problem based learning (PBL) merupakan sebuah model pembelajaran dimana peserta didik menggali suatu informasi terkait materi yang sedang dipelajari dengan pengetahuannya sendiri dalam mengembangakan kemampuan berfikir tingkat tinggi. Tujuan dalam penelitian ini untuk: (1) Hasil kelayakan e-module berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem gerak; (2) kepraktisan e-module berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem gerak; (3) efektivitas siswa yang diterapkan e-module berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan yang tidak diterapkan e-module berbasis Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif metode dan pengembangan (R&D), dengan menggunakan desain penelitian ADDIE , penelitian ini dilakukan pada kelas XI SMAN 1 Susukan dengan sampel penelitian kelas XI D dan Kelas XI A. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Adapun faktor penghambat dalam pengembangan e-modul berbasis problem based learning (PBL) yaitu Keterbatasan waktu juga menjadi kendala yang cukup signifikan. Pengembangan e-modul yang berkualitas, mulai dari tahap perancangan hingga uji coba, memerlukan waktu yang cukup panjang. Di samping itu, penerapan e-modul di kelas seringkali berbenturan dengan padatnya jadwal pelajaran dan kegiatan sekolah sehingga pelaksanaan pembelajaran e-modul berbasis PBL tidak dapat berlangsung secara optimal. Temuan ini menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis PBL memberikan respon positif dalam keterlibatan dan keterampilan berpikir kritis peserta didik secara signifikan apabila diterapkan dengan konsisten, meskipun masih terdapat hambatan dalam penerapanya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:41 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16791 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |