PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING BERBASIS CASE METHOD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI MAN 5 CIREBON

HALIMATUSSA’DIYAH, (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING BERBASIS CASE METHOD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI MAN 5 CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106027_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108106027_2_bab1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
2108106027_6_bab5.pdf

Download (232kB)
[img] Text
2108106027_7_dafpus.pdf

Download (337kB)

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 menekankan pentingnya keterampilan kolaborasi sebagai bagian dari kompetensi 4C. Namun, proses pembelajaran Biologi di MAN 5 Cirebon masih dominan bersifat individual dan belum optimal dalam melatih kerja sama siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajara Problem Bassed Learning (PBL) berbasis Case Methode pada materi perubahan lingkungan, untuk menganalisis keterampilan kolaborasi pada siswa, untuk menganalisis perbedaan peningkatan hasil belajar pada siswa, dan untuk menganalisis respon Siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis case method untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi pada materi perubahan lingkungan Penelitian dilakukan di kelas X MAN 5 Cirebon dengan sampel penelitian kelas XB dan Kelas XD. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan kolaborasi siswa di kelas eksperimen dari 50,45% menjadi 97,04%, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 49,8%. Rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 76,07%. Uji Mann- Whitney U menunjukkan perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol p < 0,05, dengan nilai N-Gain lebih tinggi pada kelas eksperimen 0,39 dibandingkan kontrol 0,17. Selain itu, 95,46% siswa menyatakan model ini membantu pemahaman konsep, dan 67,73% merasa keterampilan kolaborasinya meningkat. Dengan demikian, model ini layak diterapkan dalam pembelajaran Biologi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Case Method, Keterampilan Kolaborasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:59
Last Modified: 07 Aug 2025 07:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16799

Actions (login required)

View Item View Item