Pengembangan E-Modul Ekosistem Kawasan Zona Mangrove Kasih Sayang Mundu Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa di SMA Negeri 1 Jamblang.

Putri Chandra Apriliani, (2025) Pengembangan E-Modul Ekosistem Kawasan Zona Mangrove Kasih Sayang Mundu Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa di SMA Negeri 1 Jamblang. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106036_1_cover.pdf

Download (768kB)
[img] Text
2108106036_2_bab1.pdf

Download (521kB)
[img] Text
2108106036_6_bab5.pdf

Download (394kB)
[img] Text
2108106036_7_dafpus.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran e-modul pada mata pelajaran biologi submateri ekosistem sebagai pendukung proses pembelajaran dan mengetahui kelayakan media yang dibuat. Permasalahan yang dijumpai dalam dunia pendidikan adalah kurangnya variasi media pembelajaran. Hal ini dijabarkan dalam tujuan penelitian yakni mengembangkan media pembelajaran e-modul yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang meiputi lima tahap yakni analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas X.B, X.G, dan XI.I SMAN 1 Jamblang sebanyak 81 orang pada tahun ajaran 2024/2025. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk mendapatkan data kelayakan produk, angket respon guru, dan angket respon peserta didik untuk mendapatkan data kepraktisan produk serta butir-butir tes untuk mendapatkan data keefektifan produk. Berdasarkan hasil penilaian validator ahli, tingkat kelayakan media pembelajaran e-modul berada pada kategori sangat layak dengan nilai validasi ahli bahasa 0,87; validasi ahli materi 0,80; dan validasi ahli media 0,86. Berdasarkan hasil penilaian respon pendidik dan respon peserta didik, tingkat kepraktisan media pembelajaran e-modul berada pada kategori sangat praktis dengan rata-rata nilai presentasi secara keseluruhan yaitu 94,84%. Berdasarkan hasil uji keefektifan bahwa peserta didik yang menggunakan media pembelajaran e-modul lebih efektif daripada yang menggunakan media pembelajaran power point karena nilai N-Gain Score/ Persen kelas eksperimen yang bernilai 0,5863/ 58,63% lebih besar dari nilai N-Gain Score/ Persen kelas kontrol yang bernilai 0,5718/ 57,18%. Saran dalam penelitian ini yaitu 1) kepada pihak sekolah khususnya guru biologi seharusnya mengembangkan media pembelajaran yang mendukung agar fasilitas peserta didik dalam melakukan proses belajar terpenuhi, 2) bagi peneliti, seharusnya mengkaji lebih dalam pada saat merancang instrumen penelitian sehingga dihasilkan produk yang baik dan sesuai dengan strategi pembelajaran yang direncanakan agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan tercapai sepenuhnya, 3) media pembelajaran e-modul yang dihasilkan sebaiknya diujicobakan di sekolah-sekolah lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: E-modul Ekosistem, Keterampilan Argumentasi, Zona Mangrove Mundu.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:19
Last Modified: 08 Aug 2025 03:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16809

Actions (login required)

View Item View Item