PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E - LKPD QR CODE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 1 KOTA CIREBON

SALSA PUJI TASFIYATUL QOLBI, (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E - LKPD QR CODE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106037_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108106037_2_bab1.pdf

Download (344kB)
[img] Text
2108106037_6_bab5.pdf

Download (273kB)
[img] Text
2108106037_7_dafpus.pdf

Download (426kB)

Abstract

Pendidikan di era digital saat ini menghadapi tantangan besar dalam meningkatkan keterampilan literasi digital peserta didik. Rendahnya keterampilan literasi digital peserta didik akibat dominasi metode pembelajaran konvensional yang bersifat pasif. Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-LKPD yang dilengkapi QR Code menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan keterampilan literasi digital siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis penerapan model Problem Based Learning berbantuan E-LKPD berbasis QR Code dalam meningkatkan keterampilan literasi digital pada materi perubahan lingkungan, Untuk menganalisis perbedaan keterampilan literasi digital antara siswa yang diterapkan model Problem Based Learning berbantuan E-LKPD berbasis QR Code dan siswa yang diterapkan dengan metode konvensional, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model Problem Based Learning berbantuan E-LKPD berbasis QR Code dalam meningkatkan keterampilan literasi digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Penelitian ini di lakukan di MAN 1 Kota Cirebon dengan populasi kelas X dan sampel kelas X C sebagai kelas eksperimen dan X I sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data meliputi tes untuk mengukur keterampilan literasi digital siswa, lembar observasi aktivitas belajar siswa, dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis (normalitas dan homogenitas), uji hipotesis menggunakan Uji Paired Sample Test. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas siswa melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan literasi digital siswa dari pertemuan pertama 87,07% sampai pertemuan kedua 93,93% mengalami peningkatan secara konsisten. Terdapat perbedaan keterampilan literasi digital siswa yang signifikan antara kelas yang diterapkan model PBL berbantuan ELKPD QR Code dengan yang tidak diterapkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 maka terdapat perbedaan. Respon siswa terhadap penerapan model Problem Based Learning (PBL) sangat kuat dibuktikan dengan hasil persentase angket respon sebesar Receiving 91%, Responding 94%, Valuing 86%. yang termasuk kategori sangat kuat. Peneliti selanjutnya diharapkan memanajemen waktu yang digunakan sedemikian rupa, sehingga penggunaan waktu lebih efisien dalam belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Literasi Digital, ELKPD QR Code.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:24
Last Modified: 08 Aug 2025 03:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16811

Actions (login required)

View Item View Item