PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN E-LKPD UNTUK MENINGKATKAN CIVIC SKILLS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

INDAH TRI AYUNI, (2025) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN E-LKPD UNTUK MENINGKATKAN CIVIC SKILLS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106040_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108106040_2_bab1.pdf

Download (160kB)
[img] Text
2108106040_6_bab5.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2108106040_7_dafpus.pdf

Download (291kB)

Abstract

Civic skills berperan dalam membentuk siswa yang aktif, kritis, dan bertanggung jawab sebagai warga negara, namun dalam praktiknya, pembelajaran sering kali masih bersifat pasif dan kurang mampu mendorong keterlibatan civic skills secara optimal. Penggunaan buku cetak seringkali menyebabkan tujuan pembelajaran tidak terpenuhi akibat materi yang terlalu luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas belajar, civic skills dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran PjBL berbantuan E-LKPD. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain pretestposttest control group. Subjek penelitian terdiri dari kelas eskperimen berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian meliputi soal pretest dan posttest, lembar observasi, angket respon, dan performance test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas siswa sebanyak 67% tergolong sangat baik dan aktivitas tertinggi pada tahap monitoring pelaksanaan proyek. (2) Hasil uji Mann-Whitney U menunjukkan signifikasi 0,042 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas yang diterapkan model PjBL berbantuan E-LKPD dengan kelas yang tidak diterapkan model PjBL berbantuan E-LKPD. Aspek tertinggi pada keterampilan intelektual adalah kemampuan mengevaluasi posisi, sedangkan pada keterampilan partisipasi adalah kemampuan berinteraksi dengan warga negara lain untuk mempromosikan kepentingan pribadi dan bersama. (3) Respon siswa secara keseluruhan tergolong positif, di mana 30% respon siswa tergolong dalam kategori sangat baik. Dimensi respon terkuat adalah respon terhadap pembelajaran meggunakan model PjBL. Kesimpulannya, penerapan model PjBL berbantuan E-LKPD efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar, civic skills, dan mendapat respon positif dari siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, E-LKPD, Aktivitas belajar, Civic skills, Respon siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:30
Last Modified: 08 Aug 2025 03:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16815

Actions (login required)

View Item View Item