Perbandingan Model Pembelajaran Game-Based Learning Berbantuan Word Wall dan Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Ekosistem

Sulistia Novi, (2025) Perbandingan Model Pembelajaran Game-Based Learning Berbantuan Word Wall dan Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106046_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108106046_2_bab1.pdf

Download (552kB)
[img] Text
2108106046_6_bab5.pdf

Download (403kB)
[img] Text
2108106046_7_dafpus.pdf

Download (419kB)

Abstract

Model pembelajaran game-based learning dan discovery learning merupakan salah satu model pembelajaran yang menuntun siswa untuk berperan aktif. Pembelajaran biologi dengan menerapkan model pembelajaran game-based learning dan discovery learning tidak hanya dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar, tetapi juga terjadinya perubahan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji : 1) Mendeskripsikan implementasi penerapan model pembelajaran game-based learning berbantuan word wall dan discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X pada materi ekosistem, 2) Menganalisis perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran game-based learning berbantuan word wall dan discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X pada materi ekosistem. Subjek seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sukagumiwang adalah 360 siswa. Sampel yang digunakan Teknik sample random sampling untuk kelas X-7 sebanyak 36 siswa merupakan kelas eksperimen 1 dan X-10 sebanyak 35 siswa merupakan kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji mann whitney u dan uji statistic. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan model game-based learning berbantuan wordwall pada materi ekosistem selama 4 pertemuan mengalami peningkatan yang signifikan, 2) Perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 keduanya menunjukkan peningkatan, rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen 1 yaitu 0,57 dan rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen 2 sebesar 0,44. Kesimpulannya adalah perbandingan penerapan model pembelajaran gamebased learning berbantuan wordwall dan discovery learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Game-Based Learning, Word Wall, Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:59
Last Modified: 08 Aug 2025 03:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16823

Actions (login required)

View Item View Item