PENERAPAN MODEL STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATICS) BERBANTUAN E-POSTER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN

Naira Raidhatul Janah, (2025) PENERAPAN MODEL STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATICS) BERBANTUAN E-POSTER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106049_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108106049_2_bab1.pdf

Download (377kB)
[img] Text
2108106049_6_bab5.pdf

Download (340kB)
[img] Text
2108106049_7_dafpus.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa tingkat kreativitas siswa di Indonesia masih rendah, sebagaimana diindikasikan oleh indeks Global Creativity Index (GCI) dan Global Innovation Index (GII). Model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) diusulkan sebagai pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa. Model ini memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan kolaboratif, terutama melalui penggunaan E-Poster, yang memfasilitasi penyampaian informasi secara visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peningkatan aktivitas belajar siswa, 2) peningkatan kreativitas siswa terhadap penerapan model STEAM berbantuan E-Poster di kelas XI SMAN 1 Sukagumiwang, 3) respon siswa setelah diterapkan model STEAM berbantuan E-Poster pada materi sistem imun. Penelitian ini menggunakan desain Non Equivalent Control Group Design. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas XI 1 (35 siswa), dan kelas XI 2 (35 siswa) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data: soal tes, lembar angket, lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) adanya peningkatan yang signifikan pada aktivitas belajar siswa 2) terdapat perbedaan peningkatan kreativitas siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol 3) siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model STEAM berbantuan E-Poster pada materi sistem imun. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model STEAM berbantuan E-Poster dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, kreativitas siswa, dan siswa dapat memberikan respon positif terhadap pembelajaran biologi dengan menerapkan model STEAM berbantuan E-Poster.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics), Media E-Poster, Kreativitas Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 08 Aug 2025 04:09
Last Modified: 08 Aug 2025 04:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16829

Actions (login required)

View Item View Item