ISTI BAROKAH, (2025) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS APLIKASI KUIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SMA. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.
![]() |
Text
2108106053_1_cover.pdf Download (916kB) |
![]() |
Text
2108106053_2_bab1.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
2108106053_6_bab5.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
2108106053_7_dafpus.pdf Download (188kB) |
Abstract
Pendidikan saat ini berada pada abad ke- 21 dikenal juga dengan istilah era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan pada abad ke-21 ini bertujuan untuk mendorong peserta didik agar memiliki keterampilan yang mendukung mereka untuk bersikap tanggap terhadap perubahan seiring dengan perkembangan zaman salah satu keterampilan yang perlu dimiliki yaitu berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan aktivitas dan perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa serta mengkaji respon siswa terhadap penerapan Problem Based Learning berbasis gamifikasi pada materi sistem pernapasan di kelas XI SMA. Metode ini menggunakan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental) kelas eksperimen dan kelas kontrol di MAN 5 Cirebon. Sampel penelitian terdiri 35 siswa kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan aktivitas dan pemahaman yang lebih signifikan dibandingkan kelas kontrol, dengan rata-rata NGain 0,418 berbanding 0,134. Uji t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan (0,02 < 0,05), dan 86% siswa memberikan respon positif terhadap penerapan Problem Based Learning berbasis gamifikasi. Penerapan Problem Based Learning berbasis aplikasi kuis terbukti efektif meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan, menunjukkan model ini diterima dengan baik dan mampu meningkatkan motivasi serta keterlibatan siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Aplikasi Kuis, Keterampilan Berpikir Kritis, Sistem Pernapasan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 04:26 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 04:26 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |