ADEA ZULFA FAIRUZ, (2025) Pengembangan E-LKPD berbasis STEM (Science, Technology, engineering and Mathematics) Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.
![]() |
Text
2108106072_1_cover.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
2108106072_2_bab1.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
2108106072_6_bab5.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
2108106072_7_dafpus.pdf Download (168kB) |
Abstract
Rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran biologi, khususnya pada materi perubahan lingkungan. karena belum diarahkan pada pemecahan masalah kontekstual yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi ini turut dipengaruhi oleh penggunaan bahan ajar konvensional yang tidak menarik dan belum memanfaatkan teknologi secara optimal, belum diterapkannya pendekatan pembelajaran berbasis STEM yang mampu mengintegrasikan sains, teknologi, teknik, dan matematika secara kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D dengan subjek uji coba siswa kelas X MAN 4 Cirebon. Instrumen yang digunakan, yaitu lembar validasi ahli, angket respon guru dan siswa, serta tes keterampilan berpikir kreatif. Teknik analisis data yaitu analisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas E-LKPD dengan uji N-Gain, normalitas, homogenitas, uji independent t-test. Hasil validasi kelayakan E-LKPD berbasis STEM dari ahli materi dan media menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis STEM berada dalam kategori sangat layak. Respon dari guru dan peserta didik sangat positif terhadap penggunaan E-LKPD, dalam kategori sangat praktis. Efektivitas E-LKPD dibuktikan dengan Hasil uji pretest dan posttest menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan nilai N-Gain berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dari tes berpikir kreatif memperoleh nilai kelas eksperimen > nilai kelas kontrol. Berdasarkan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,76 > nilai rata-rata kelas kontrol 0,51. Hasil uji normalitas dari data N-gain semua data berdistribusi normal yaitu > 0,05. Hasil uji homogenitas dari data N-gain memperoleh > 0,05 artinya varians data homogen. Uji hipotesis diketahui nilai 2 tailed Equal variances assumed yaitu 0,000 < 0,05 artinya H1 diterima.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, STEM, keterampilan berpikir kreatif, perubahan lingkungan, Model 4D |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 01:28 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 01:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16859 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |