Pengembangan E-Modul Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) pada Materi Perubahan Lingkungan Terintegrasi Ayat Alqur’an Untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Peserta Didik

SALMA AZZAHRA, (2025) Pengembangan E-Modul Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) pada Materi Perubahan Lingkungan Terintegrasi Ayat Alqur’an Untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Peserta Didik. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106089_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108106089_2_bab1.pdf

Download (490kB)
[img] Text
2108106089_6_bab5.pdf

Download (384kB)
[img] Text
2108106089_7_dafpus.pdf

Download (529kB)

Abstract

Modul elektronik berbasis ESD materi perubahan lingkungan terintegrasi ayat alqur’an merupakan salah satu bentuk pengimplementasian teknologi pada era globalisasi, dimana dalam hal ini tidak hanya teknologi yang dilibatkan akan tetapi mendorong terwujudnya pendidikan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menganalisis prosedur pengembangan e-modul 2) Untuk menganalisis kelayakan e-modul, 3) Untuk menganalisis kepraktisan e-modul dan 4) Untuk menganalisis kesadaran lingkungan berkelanjutan peserta didik setelah belajar menggunakan e-modul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 1) prosedur pengembangan e-modul dikembangkan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). yang diawali dengan observasi awal, perancangan menggunakan aplikasi canva dan website heyzine, validasi ahli, judgement pendidik srta angket respon peserta didik, dan penerapan e-modul di kelas X SMAN 5 Kota Cirebon. 2) Kelayakan e-modul didapat dari tahap development dengan nilai validitas 1 atau sangat layak. 3) E-modul yang dikembangkan oleh peneliti berada pada kategori sangat praktis yang diambil dari data judgement pendidik dan peserta didik. Perolehan data judgement pendidik sebesar 1,00 dengan persentase 100% dan data pendidik sebesar 0,96 dengan persentase 96% 4) kesadaran lingkungan berkelsanjutan peserta didik setelah menggunakan e-modul dapat dilihat dari nilai N-Gain yang didapat dari pretest posttest mengasilkan persentase sebesar 68,25% yang termasuk pada kategori “cukup efektif”, hasil uji hipotesis yaitu sig (2-tailed) >0,00 dan hasil angket menghasilkan rata-rata selisih kenaikan keseluruhan aspek sebesar 19,3% yang menandakan bahaw e-modul yang dikembangkan mampu meningkatkan kesadaran lingkungan berkelanjutan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Education for Sustainable Development (ESD), Integrasi sains al-qur’an
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 11 Aug 2025 01:46
Last Modified: 11 Aug 2025 01:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16865

Actions (login required)

View Item View Item