PENGARUH PEMBELAJARAN THAHARAH TERHADAP SIKAP SISWA DALAM MENJAGA KEBERSIHAN KELAS DI MTS NEGERI 5 CIREBON

Elok Fatimah, (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN THAHARAH TERHADAP SIKAP SISWA DALAM MENJAGA KEBERSIHAN KELAS DI MTS NEGERI 5 CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
2108101065_2_bab1.pdf

Download (453kB)
[img] Text
2108101065_6_bab5.pdf

Download (316kB)
[img] Text
2108101065_7_dafpus.pdf

Download (292kB)
[img] Text
2108101065_1_cover.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya materi thaharah yang tidak hanya berkaitan dengan aspek ibadah, tetapi juga kebersihan dan pembentukan sikap peduli lingkungan. Permasalahan yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah beberapa siswa belum menunjukkan perilaku konsisten dalam menjaga kebersihan kelas, serta kurangnya pemahaman bahwa menjaga kebersihan adalah bagian dari implementasi thaharah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pembelajaran thaharah di MTs Negeri 5 Cirebon, dan 2) mendeskripsikan sikap siswa dalam menjaga kebersihan kelas di MTs Negeri 5 Cirebon, serta 3) mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran thaharah terhadap sikap siswa dalam menjaga kebersihan kelas di MTs Negeri 5 Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas VII MTs Negeri 5 Cirebon yang diambil menggunakan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran thaharah berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 78,58 dan persentase 79,45%. Selain itu, sikap siswa dalam menjaga kebersihan kelas juga berada pada kategori baik dengan rata-rata skor 76,45%. Terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran thaharah terhadap sikap siswa dalam menjaga kebersihan kelas, dengan nilai signifikansi 0.000 dan koefisien korelasi (R) sebesar 0.702, yang menunjukkan hubungan positif yang kuat. Dengan hasil korelasi positif ini dapat dinyatakan bahwa semakin besar pengaruh pembelajaran thaharah maka semakin baik pula sikap siswa dalam menjaga kebersihan kelas tersebut. Nilai koefisien determinasi (R² = 0.492) memperlihatkan bahwa sebesar 49.2% variabel sikap siswa dapat dipengaruhi oleh pembelajaran thaharah, sementara sisanya sebesar 50,8% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dan untuk taraf signifikansinya berada dalam kategori kuat, yaitu berada pada interval 0.60 – 0.799.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Thaharah, Kebersihan Kelas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:38
Last Modified: 11 Aug 2025 03:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16881

Actions (login required)

View Item View Item