ANISA JUMANI, (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) BERBANTUAN MEDIA SPINNING WHEEL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI MTS ASH SHIDDIQIYYAH KALIWADAS SUMBER. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101071_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108101071_2_bab1.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
2108101071_6_bab5.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
2108101071_7_dafpus.pdf Download (261kB) |
Abstract
Keaktifan belajar merupakan bentuk keterlibatan langsung peserta didik dalam proses pembelajaran, baik secara fisik maupun mental. Keaktifan ini tercermin melalui interaksi yang terjadi antara peserta didik dengan sesama siswa, maupun antara peserta didik dengan pendidik, selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Interaksi tersebut mencakup kegiatan bertanya, berdiskusi, menanggapi, dan berpartisipasi secara langsung dalam pembelajaran. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa di kelas yang menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media Spinning Wheel. 2) untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa di kelas yang menggunakan model konvensional. 3) untuk mengetahui keaktifan belajar siswa yang menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) berbantuan Spinning Wheel lebih tinggi jika dibandingkan keaktifan belajar siswa yang menggunakan model Konvensional pada siswa kelas VII di MTs Ash Shiddiqiyyah Kaliwadas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dalam bentuk Non- Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunaka lembar observasi, angket dan dokumentasi. Jenis analisis data yang dilakukan dengan analisis Uji Independen sempel t-tes. Hasil penelitian ini adalah bahwa: 1) keaktifan belajar pada siswa kelas eksperimen dikategorikan sangat baik yaitu sebesar 91,3% karena berada pada rentang 81% - 100%, 2) keaktifan belajar pada siswa kelas kontrol dikategorikan baik yaitu sebesar 66% karena berada pada rentang 61% - 80%, 3) hasil perhitungan Uji Hipotesis Independen sempel t-tes diperoleh nilai Sig. (2 tailed) 0.000 < 0,05, yang berarti Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukaan teruji oleh data, sehingga dapat disimpulkan bahwa “keaktifan belajar siswa” pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Oleh karna itu penelitian ini layak dijadikan acuan untuk penelitian lanjutan, khususnya dalam pengembangan model pembelajaran yang bertujuan meningkatkan keaktifan belajar siswa di mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar Siswa, Model Numbered Heads Together |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:55 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:55 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |