Nisa Siti Nur Khaliza, (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZ EDUCAPLAY TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 PLERED CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101080_1_cover.pdf Download (897kB) |
![]() |
Text
2108101080_2_bab1.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
2108101080_6_bab5.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
2108101080_7_dafpus.pdf Download (265kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan penggunaan HP di kelas tanpa pengawasan dapat menurunkan efektivitas pembelajaran. Distraksi ini berdampak pada rendahnya pemahaman materi, kurangnya keterlibatan siswa, dan pada akhirnya mempengaruhi hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pembelajaran siswa yang menggunakan media quiz educaplay dengan berbantuan memory game di SMP Negeri 1 Plered Cirebon, (2) Pelaksanaan pembelajaran di kelas yang menggunakan metode konvensional, (3) Penggunaan media Quiz Educaplay berbantuan memory game lebih berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa dibandingkan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang dilakukan di SMPN 1 Plered Cirebon. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan Teknik observasi, angket dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan Konsentrasi belajar siswa pada proses pembelajaran di kelas eksperimen di SMPN 1 Plered Cirebon dapat dikategorikan “sangat baik”. yaitu antara lain (1)“Saya lebih senang belajar dengan teman daripada sendiri” (item 18) sebesar 54,3%. (2) “Saya merasa bahwa pembelajaran tidak membosankan” (item 25) memperoleh 42,9% respon. Berdasarkan hasil perhitungan angket yang diperoleh adalah sebesar 89,7%. Selain itu, Konsentrasi belajar siswa pada proses pembelajaran di kelas kontrol di SMPN 1 Plered Cirebon dapat dikategorikan “baik”. Di antaranya adalah (1) “Saya meneliti dalam mengerjakan tugas” (item 2), memperoleh sebesar 58,1% respon, (2) “Saya menikmati mengerjakan tugas dan latihan” (item 20) juga memperoleh sebesar 64,5% respon. Berdasarkan hasil perhitungan angket yang diperoleh adalah sebesar 75%. Hasil uji hipotesis atau pengaruh ini menggunakan Independen Sampel T-tes dengan menggunakan SPSS Statistics versi 22, menunjukkan nilai Sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan teruji oleh data, sehingga “konsentrasi belajar siswa” pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas control.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quiz Educaplay, Konsentrasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:44 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 04:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16894 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |