Zuhrotunnisa Huwayna, (2025) Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Guru PAI dengan Kematangan Moral Siswa SMA Negeri di Korwil Barat Kabupaten Brebes. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101088_1_cover.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
2108101088_2_bab1.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
2108101088_6_bab5.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
2108101088_7_dafpus.pdf Download (217kB) |
Abstract
Kenakalan siswa saat ini tidak hanya sebatas pelanggaran etika, tetapi banyak yang mengarah pada tindakan kriminal. Salah satu contohnya adalah kasus tawuran siswa SMA di Koordinator Wilayah (Korwil) Barat Kabupaten Brebes yang mengakibatkan hilangnya nyawa. Hal ini menunjukkan pentingnya peran guru, khususnya guru Pendidikan Agama Islam, dalam membentuk kematangan moral siswa melalui kecerdasan emosional yang dimilikinya. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengelola emosi dengan mengenali, memahami, mengendalikan, dan mampu merasakan emosi pada dirinya sendiri maupun orang lain, sehingga dapat merespons emosi secara positif dalam berbagai situasi yang dapat memicu munculnya emosi-emosi. Kematangan moral adalah kemampuan seseorang dalam membedakan antara yang baik dan buruk serta bertindak sesuai dengan nilai-nilai moral yang diyakininya. Moral yang matang mencerminkan kedewasaan dalam tindakan, bertindak, dan mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan emosional guru Pendidikan Agama Islam dengan kematangan moral siswa SMA Negeri di Koordinator Wilayah (Korwil) Barat Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuantitaif asosiatif. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu 19 responden yang sekaligus menjadi sampel pada penelitian ini. Dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional guru Pendidikan Agama Islam di Koordinator Wilayah (Korwil) Barat Kabupaten Brebes, berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian 84,58%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional guru Pendidikan Agama Islam tergolong kategori sangat tinggi. Kematangan moral siswa SMA Negeri di Koordinator Wilayah (Korwil) Barat Kabupaten Brebes , berdasarkan data yang telah diperoleh dari penelitian ini 87,74%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kematangan moral siswa SMA Negeri di Koordinator Wilayah (Korwil) Barat Kabupaten Brebes tergolong kategori sangat tinggi. Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional guru Pendidikan Agama Islam dengan kematangan moral siswa SMA Negeri di Koordinator Wilayah (Korwil) Barat Kabupaten Brebes. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini hasil uji t pada yaitu thitung = 5,872 ≥ t-tabel = 2,110 pada tingkat signifikansi 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Guru PAI, Kematangan Moral Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:32 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:32 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16900 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |