PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCANDY DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA SISWA KELAS VIII DI MTS SALAFIYAH KOTA CIREBON

Wulan Depita Sari, (2025) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCANDY DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA SISWA KELAS VIII DI MTS SALAFIYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
2108101104_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108101104_2_bab1.pdf

Download (556kB)
[img] Text
2108101104_6_bab5.pdf

Download (241kB)
[img] Text
2108101104_7_dafpus.pdf

Download (305kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) masih menggunakan media tradisional berupa whiteboard, yang membuat siswa merasa bosan dan kurang tertarik. Hal ini terlihat dari hasil observasi dan wawancara dengan guru SKI, yang menunjukkan bahwa siswa cenderung pasif, tidak merespons pertanyaan, serta tidak menunjukkan inisiatif dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan media pembelajaran Educandy dalam pembelajaran SKI pada siswa kelas VIII di MTs Salafiyah, 2) Bentuk-bentuk kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran SKI, dan 3) Kelebihan serta kekurangan media Educandy dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) penggunaan media Educandy memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran SKI. Media berbasis permainan ini meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi, dengan fitur seperti Multiple Choice, Matching Pairs, dan Word Search yang dapat diakses melalui laptop atau smartphone tanpa akun, cukup dengan tautan dari guru. 2) Selain itu, bentuk kejenuhan belajar seperti kelelahan emosi, fisik, kognitif, dan kehilangan motivasi dapat diminimalisasi karena suasana pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. 3) Adapun kelebihan media ini meliputi kemudahan akses, fitur yang variatif, serta peningkatan motivasi dan partisipasi siswa. Sementara itu, kekurangannya adalah ketergantungan pada jaringan internet, keterbatasan fitur versi gratis, dan belum adanya sistem pelaporan otomatis. Oleh karena itu, media Educandy sebaiknya digunakan secara terpadu dengan metode lain agar hasil pembelajaran lebih maksimal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Educandy, Kejenuhan belajar, Media pembelajaran, SKI,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:58
Last Modified: 11 Aug 2025 06:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16907

Actions (login required)

View Item View Item