FIFI NAFISAH, (2025) Implementasi Metode Al-Ma’arif dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Daarul Fathonah Tegalgubug Lor. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101111_1_cover.pdf Download (941kB) |
![]() |
Text
2108101111_2_bab1.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
2108101111_6_bab5.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
2108101111_7_dafpus.pdf Download (176kB) |
Abstract
Sebagai lembaga Pondok Pesantren Daarul Fathonah yang konsen terhadap pendidikan Islam khususnya Al-Qur‟an, telah menjadikan pendidikan Al-Qur‟an sebagai kurikulum unggulan. Namun, kemampuan santri masih belum sesuai dengan makharijul huruf dan kaidah tajwid. Tujuan dari penelitian ini adalah: mengetahui upaya Pondok Pesantren dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an, mendeskripsikan implementasi metode Al-Ma‟arif di Pondok Pesantren Daarul Fathonah, menganalisis faktor pendukung dan penghambat kemampuan membaca Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Daarul Fathonah. Jenis metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu guru serta santri dan sumber data sekunder dari buku, jurnal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran Al-Qur‟an metode Al-Ma‟arif di Pondok Pesantren Daarul Fathonah merupakan strategi yang dilakukan pondok pesantren dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qur‟an. Implementasi metode Al-Ma‟arif dinilai sangat efektif, khususnya dalam membantu santri lebih cepat dalam kemampuan membaca Al-Qur‟an. Keunggulan metode Al-Ma‟arif dibandingkan dengan metode pembelajaran lainnya terletak pada pendekatannya yang sederhana dan menyenangkan. Faktor pendukung yang dimiliki adalah yayasan, guru, dan lingkungan yang mendukung dengan adanya metode Al-Ma‟arif. Faktor penghambat yaitu santri masih mudah teralihkan fokusnya dengan teman sekelas, santri yang sulit untuk menerima materi pembelajaran sehingga tertinggal dari temantemannya. Peneliti berharap penelitian ini dapat bermanfaat sebagai referensi tambahan bagi peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti aspek lain dari metode ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Al-Ma’arif, Kemampuan Membaca, Pondok Pesantren |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:05 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:05 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |