Siti Hamidah, (2025) METODE PENDIDIKAN AKHLAK UNTUK PENCEGAHAN BULLYING DI SMPN 1 PLERED KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101116_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2108101116_2_bab1.pdf Download (495kB) |
![]() |
Text
2108101116_6_bab5.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
2108101116_7_dafpus.pdf Download (170kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya fenomena bullying di kalangan pelajar, terutama di era digital saat ini, yang menjadi perhatian serius dalam dunia pendidikan. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah melalui penguatan pendidikan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan metode pendidikan akhlak di SMPN 1 Plered, mengidentifikasi bentuk-bentuk bullying yang terjadi, serta mengkaji kelebihan dan kekurangan dari metode pendidikan akhlak yang digunakan dalam upaya pencegahan bullying. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akhlak di SMPN 1 Plered dilaksanakan melalui tiga metode utama, yaitu keteladanan, pembiasaan, serta nasihat dan teguran. Nilai-nilai keislaman ditanamkan melalui kegiatan rutin seperti membaca Asmaul Husna, salat berjamaah, yasinan, serta peringatan hari besar Islam. Adapun bentuk bullying yang ditemukan meliputi bullying verbal (ejekan dan kata-kata kasar), bullying fisik (pemukulan dan perkelahian), serta cyberbullying melalui media sosial. Ketiga metode pendidikan akhlak memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa. Metode keteladanan memberikan contoh nyata, pembiasaan menciptakan rutinitas positif, sedangkan nasihat dan teguran menyentuh sisi emosional siswa. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan, namun efektif jika diterapkan secara konsisten dan mendapat dukungan dari seluruh elemen sekolah. Dengan demikian, penguatan pendidikan akhlak menjadi langkah strategis dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan bebas dari bullying.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bullying, Metode, Pendidikan Akhlak, SMPN 1 Plered. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:22 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:22 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |