MARIA JAMILAH, (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas IX SMP Negeri 7 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101130_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108101130_2_bab1.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
2108101130_6_bab5.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
2108101130_7_dafpus.pdf Download (221kB) |
Abstract
Permasalahan yang ditemui pada penelitian ini yaitu dalam kegiatan pembelajaran di kelas guru belum melaksanakan pembelajaran dengan maksimal, karena itu proses pembelajaran menjadi tidak menarik bagi siswa. Hal ini karena guru masih menggunakan metode konvensional (ceramah). Khususnya pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP), menjadikan siswa mudah bosan dan kurang memahami materi yang disampaikan guru. Siswa hanya diminta mendengarkan lalu diberi tugas, sehingga kebanyakan dari siswa sulit dalam memahami, menganalisa, menalar, dan menyimpulkan pelajaran. Akibatnya kemampuan berpikir kritis menjadi rendah sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajran PBL (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis. (3) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis (kelas eksperimen) dengan (kelas kontrol). Model PBL memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas IX SMPN 7 Kota Cirebon. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa : (1) penerapan model PBL di SMPN 7 Kota Cirebon dikategorikan baik yaitu sebesar 80% karena berada pada rentang 61%- 80%, (2) kemampuan berpikir kritis di SMPN 7 Kota Cirebon dikategorikan sangat baik dengan presentase 87% karena berada pada rentang 81%-100%, (3) adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis (kelas eksperimen) yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan (kelas kontrol) yang diajar dengan metode konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP) di kelas IX SMPN 7 Kota Cirebon menunjukan nilai rata-rata atau mean untuk kelas kontrol adalah sebesar 79,24, sementara untuk kelas eksperimen adalah sebesar 87,26. Adapun setelah dilakukan uji signifikansi, hipotesis menyatakan bahwa pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas IX SMPN 7 Kota Cirebon adalah signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:48 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:48 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |