Relevansi Pemikiran Seyyed Hossein Nasr Terhadap Pengembangan Paradigma Pendidikan Islam Kontemporer

Abu Ma'mur, (2025) Relevansi Pemikiran Seyyed Hossein Nasr Terhadap Pengembangan Paradigma Pendidikan Islam Kontemporer. Masters thesis, S2-PAI UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (348kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (666kB)

Abstract

Pemikiran Seyyed Hossein Nasr menawarkan alternatif konseptual terhadap krisis spiritualitas, disorientasi nilai, dan sekularisasi ilmu dalam pendidikan modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pandangan Nasr tentang hakikat manusia sebagai makhluk teomorfis dan implikasinya terhadap konsep dan tujuan pendidikan Islam, mengkaji relasi guru dan murid dalam perspektif transendental berbasis nilai-nilai spiritual, serta mengeksplorasi tawaran epistemologis Nasr melalui konsep scientia sacra sebagai dasar pendidikan yang sakral dan integral. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode studi pustaka dan analisis isi terhadap karya-karya utama Nasr. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paradigma pendidikan Islam yang ditawarkan Nasr menekankan integrasi antara akal, wahyu, dan intuisi spiritual, serta memulihkan fungsi pendidikan sebagai sarana penyempurnaan jiwa dan pembentukan manusia yang menyadari posisi kosmiknya sebagai khalifah. Gagasan pendidikan Nasr juga menegaskan pentingnya relasi guru–murid sebagai medium pewarisan pengetahuan suci yang tidak dapat digantikan oleh sistem mekanistik. Dalam konteks Indonesia, pemikiran ini memiliki relevansi konseptual dalam mengarahkan kembali pendidikan Islam agar lebih sakral, holistik, dan kontekstual dalam menghadapi tantangan zaman modern. Kata Kunci:Seyyed Hossein Nasr, pendidikan Islam, spiritualitas, scientia sacra, paradigmasakral

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Seyyed Hossein Nasr, pendidikan Islam, spiritualitas, scientia sacra, paradigmasakral
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:44
Last Modified: 13 Aug 2025 01:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16924

Actions (login required)

View Item View Item