SUCI RACHMAWATI, (2025) ANALISIS PEMIKIRAN AL GHAZALI DAN IBNU MISKAWAIH TENTANG PENDIDIKAN ANAK. Masters thesis, S2-PAI UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (802kB) |
![]() |
Text
2. BAB I.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
7. DAPUS.pdf Download (333kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji perbandingan pemikiran Al-Ghazali dan Ibnu Miskawaih tentang konsep pendidikan anak dan relevansinya dalam konteks pendidikan Islam kontemporer. Latar belakang penelitian didasari pada fenomena degradasi moral di kalangan generasi muda dan kecenderungan sistem pendidikan modern yang lebih menekankan aspek kognitif dibandingkan aspek moral dan spiritual. Tujuan penelitian adalah menganalisis konsep pendidikan anak menurut kedua tokoh tersebut, mengidentifikasi persamaan dan perbedaan pemikiran mereka, serta mengkaji relevansinya dengan konteks pendidikan Isam kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif naratif berbasis studi literatur dengan mengeksplorasi karya primer kedua tokoh, yaitu "Ihya Ulumuddin" karya Al-Ghazali dan "Tahdzib al-Akhlaq" karya Ibnu Miskawaih. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif naratif berbasis studi literatur dengan mengeksplorasi karya primer kedua tokoh, yaitu "Ihya Ulumuddin" karya Al-Ghazali dan "Tahdzib al-Akhlaq" karya Ibnu Miskawaih.Hasil penelitian enunjukkan bahwa meskipun terdapat perbedaan pendekatan, kedua tokoh menekankan integrasi aspek spiritual, moral, dan intelektual dalam pendidikan anak. Pemikiran mereka memiliki relevansi signifikan dengan pendidikan kontemporer dalam hal pendidikan karakter, pendekatan holistik, metode pembelajaran konstruktivistik, pembelajaran sosio-emosional, pendidikan berbasis nilai, dan personalisasi pendidikan. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan model pendidikan Islam yang komprehensif dengan mengintegrasikan kekayaan intelektual klasik untuk menjawab tantangan pendidikan di era digital. Kata kunci: Al-Ghazali, Ibnu Miskawaih, pendidikan anak, pendidikan karakter, pendidikan Islam kontemporer
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Ghazali, Ibnu Miskawaih, pendidikan anak, pendidikan karakter, pendidikan Islam kontemporer |
Subjects: | Pendidikan > Sejarah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 03:03 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 03:03 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |