Implementasi Pendidikan Islam dalam Membangun Nilai - Nilai Religius pada Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Kuningan Jawa Barat

DONI AHMAD SAEFUDDIN, (2025) Implementasi Pendidikan Islam dalam Membangun Nilai - Nilai Religius pada Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Masters thesis, S2-PAI UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)

Abstract

Era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi telah membawa dampak besar terhadap perubahan perilaku remaja, termasuk munculnya fenomena degradasi moral seperti nomophobia, phubbing, bullying, dan tawuran pelajar. Fenomena ini juga terjadi di kalangan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Kuningan, yang menunjukkan menurunnya nilai-nilai moral dan religius. Pendidikan Islam dipandang sebagai solusi penting dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui pembiasaan, keteladanan, dan kegiatan keagamaan di sekolah. Namun, implementasinya di lembaga pendidikan formal masih belum optimal. Tujuan dari penelitian iniadalah untukmenjelaskan proses implementasi, menganalisisfactor pendukung dan penghambat serta menganalisis dampak implementasi pendidikan Islam dalam membangun nilai-nilai religious pada peserta didik Sekolah Menengan Kejuruan(SMK) di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. pendidikan Islam menurut ahmad marimba adalah bimbingan jasmani, rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam. Sedangkan nilai religious merupakan tingkatan integritas kepribadian yang mencapai tingkat insane kamil dan nilai-nilai religious bersifat mutlak, universal, dan suci. Penelitianinimenggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, maka dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan mengunakan teknik analisa data model Miles dan Huberman. Adapunsumber data primer diperolehdariGuru PAI, KepalaSekolah, Waka Kesiswaan dan peserta didik. Adapun data sekunderdiperoleh dari sumber kedua atau dari pihak yang tidak langsung seperti Dinas Pendidikan, Pengawas PAI dan studi pustaka dari literatur yang menunjang atau berkaitan dengan penelitian ini. Dimana data sekunder ini digunakan untuk membantu menganalisis data primer yang didapatkan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwaImplementasi pendidikan Islam dalam membangun nilai-nilai religius dilakukan melalui tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Nilai-nilai religius ditanamkan melalui kegiatan harian seperti senyum, salam, dan sapa; membaca Al-Qur’an; sholat dhuha; dan amaliah Jumat, serta kegiatan tahunan seperti PHBI, qurban, dan festival sholawat. Metode yang digunakan mencakup keteladanan, pembiasaan, dan nasihat. Adapun beberapa factor pendukung diantaranya kesadaran siswa, teladan guru, dan pembiasaan keagamaan, namun terhambat oleh kurangnya dukungan orang tua, lingkungan negatif, dan rendahnya motivasi siswa, sehingga diperlukan pembinaan dan pendekatan berkelanjutan. Adapun hasil implikasi pada sikap dan prilaku sangat efektif dalam membentuk siswa yang religius, profesional, dan berakhlak mulia melalui pendekatan kognitif, afektif, dan psikomotorik yang terintegrasi dalam kurikulum dan aktivitas sekolah. Kata kunci: Pendidikan Islam dan Nilai – nilai Religius

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam dan Nilai – nilai Religius
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:38
Last Modified: 13 Aug 2025 06:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16954

Actions (login required)

View Item View Item