Supriyadi, (2025) Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality Dengan Model Discovery learning Untuk Meningkatkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di SMPIT Al Multazam 2 Kuningan. Masters thesis, S2-PAI UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
supriyadi_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
supriyadi_bab1.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
supriyadi_bab5.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
supriyadi_dafpus.pdf Download (306kB) |
Abstract
Minimnya motivasi belajar siswa kelas VIII SMPIT Al Multazam 2 disebabkan oleh faktor internal peserta didik dan faktor eksternal berkaitan dengan peran guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Penggunaan strategi, metode, dan media pembelajaran yang kurang tepat oleh pendidik turut berkontribusi terhadap rendahnya minat belajar siswa. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi yang relevan dan penerapan metode pembelajaran yang sesuai menjadi hal yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi penggunaan pembelajaran berbasis teknologi, media pembelajaran augmented reality, model pembelajaran discovery learning dan minat belajar siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasisi teknologi dan media pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMPIT Al Multazam 2 Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ugmented Reality memperoleh persepsi sangat baik dari siswa dengan skor rata-rata 88,30%, dan penerapan model Discovery learning mendapatkan skor 88,12%, keduanya berada dalam kategori “baik”. Minat belajar siswa juga meningkat dengan skor rata-rata 86,85%. Analisis regresi menunjukkan bahwa penggunaan Augmented Reality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa (R = 0,631; R² = 0,398; p < 0,001). Penerapan Discovery learning juga berpengaruh signifikan (R = 0,453; R² = 0,205; p = 0,008). Secara simultan, kedua variabel memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar dengan (R² = 0,408), namun secara parsial hanya Augmented Reality yang menunjukkan pengaruh signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi Augmented Reality dalam pembelajaran, hususnya bila dipadukan dengan pendekatan Discovery Learning, dapat meningkatkan minat belajar siswa secara efektif, terutama dalam konteks pembelajaran Fiqih. Kata kunci: Augmented Reality, Discovery Learning, Minat Belajar, Fiqih,
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Discovery Learning, Minat Belajar, Fiqih, |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 06:47 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 06:47 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |