Rebby Rodiyya Hasani, (2025) EFEKTIIVTAS MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII B DI SMPN 1 CIAWIGEBANG. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101154_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108101154_2_bab1.pdf Download (773kB) |
![]() |
Text
2108101154_6_bab5.pdf Download (554kB) |
![]() |
Text
2108101154_7_dafpus.pdf Download (557kB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa akibat penggunaan model pembelajaran konvensional seperti Direct instruction. Model ini tidak efektif karena tidak melibatkan partisipasi siswa. Model pembelajaran Cooperative Script dipilih karena memungkinkan siswa bekerja sama, berpartisipasi aktif, dan memahami konsep melalui diskusi berpasangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP) di kelas VIII B SMPN 1 Ciawigebang. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra�eksperimental one grup pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 35 siswa yang berada di kelas VIII B. Untuk menilai keterlaksanaan model pembelajaran, pretest dan posttest digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam nilai pretest rata-rata sebesar 48,4 (di bawah KKM 75) menjadi 87,4 pada posttest setelah terapi diberikan. Dengan menggunakan uji paired sample t-test, analisis statistik menghasilkan nilai sig. 0,000 (<0,05), yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar penerapan model Cooperative Script. Selain itu, hasil N-Gain sebesar 0,76 termasuk dalam kategori tinggi, yang menunjukkan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Cooperative Script efektif digunakan sehingga hasil belajar siswa kelas VIII B di SMPN 1 Ciawigebang meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Cooperative Script, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 01:45 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 01:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16966 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |